Info Gaji Karyawan PT Barata Indonesia

Gaji Karyawan PT Barata Indonesia – Perusahaan yang berfokus pada industri manufaktur dan kontruksi di Indonesia telah ada sejak tahun 1900an. Salah satunya adalah PT Barata Indonesia yang telah memberikan kontribusi sebagai penyedia fasilitas pada pabrik-pabrik yang ada di Indonesia.

Memiliki usaha dibidang manufaktur sebagai produk yang dihasilkan dari PT Barata Indonesia, menjadikannya sebagai anggota dari BUMN. Perusahaan ini telah berperan sebagai jasa instalasi kontruksi pemesinan pada pabrik besar sebagai wujud pertumbuhan industri swasta maupun no swasta.

Sebagai pemenuhan misi perusahaan ini dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan etos kerja yang baik, gaji karyawan PT Barata Indonesia termasuk tinggi, anda dapat melihatnya pada tabel di bawah ini.

Daftar gaji karyawan PT Barata Indonesia Terbaru 2021

Gaji yang tertera di bawah ini merupakan hasil ketetapan tahun 2021 yang diambil dari nilai tengah dari gaji minimum karyawan sampai maksimal atau rata-rata. Yuk, lihat daftar gaji PT Barata Indonesia di bawah ini.

JabatanGaji rata-rata/bulan
Intern EngineeringRp4.030.000
Intern Business Development/ConsultantRp2.110.000
Riset/Sains/PengembanganRp2.050.000
Intern ManufakturRp3.380.000
Intern Management Product/QCRp3.590.000
MagangRp1.030.000
Komisaris ProfesionalRp8.980.000
Customer Service/PelayananRp2.770.000
Logistik & TransportasiRp4.250.000
Staff Hukum/LegalRp5.840.000
SalesRp4.680.000
Supervisor EngineeringRp7.190.000
Supervisor ManufakturRp9.530.000
Staff ManukfakturRp5.540.000
Daftar gaji karyawan PT Barata Indonesia Terbaru 2021

Sebagai gaji rata-rata nilai diatas cukuplah besar,bagaimana apakah anda berminat untuk menjadi karyawan di perusahaan ini. Namun anda harus tahu terlebih dahulu mengenai profil dan sejarah berdirinya PT Barata Indonesia ini sebagai berikut.

Baca Juga :

Profil PT Barata Indonesia (Persero)

Barata Indonesia merupakan perusahaan milik BUMN yang bergerak pada bidang jasa EPC, Kontruksi, dan Manufaktur.

  • Jenis : BUMN/Perseroan terbatas
  • Industri : EPC, Kontruksi, dan Manufaktur
  • Kantor Pusat : Gresik
  • Jasa : Faundry, Manufaktur, dan EPC
  • Pemilik : 100% pemerintah Indonesia
  • Bidang Usaha : Food, Energy, dan Water.

Sejarah PT Barata Indonesia (Persero)

Sejarah PT Barata Indonesia
PT Barata Indonesia

PT Barata Indonesia (Persero) pada mulanya berdiri dengan nama perusahaan NV Braat Machine Pabriek di tahun 1901, kemudian resmi berupa menjadi Perusahaan Nasional Barata (PN Barata) pada tahun 1961.Awalnya perusahaan ini fokus pada penyedia keperluan peralatan dipabrik gula Jawa Timur.

Pada tahun 1960 sampai 1970an PT Barata memiliki 3 Perusahaan Nasional yaitu PN Barata, PN Sabang Merauke, dan PN Paprida. Selanjutkan ketiga badan perusahaan Negara tersebut dijadikan satu menjadi PT Barata Metalworks dan Engineering,dengan berfokus pada perawatan alat produksi pabrik gula, pembuat mesin pengelola perkebunan, konstruksi baja, dan instalasi proyek pada dasar pabrik besar.

Sebelum perseroan PT Barata dibawah pengelola BUMN pernah berproduksi dalam kelola Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS). Juga pernah menjadi anak dari perusahaan PT Bahana Pakarya Industri Strategi (Persero),kemudian baru dikelola oleh BUMN pada tahun 2002.

Lalu pada tahun 2017 terbentuklah trobosan bidang usaha yaitu FEW+ sebagai penguasaan dalam hal pasar untuk bidang Food,Energy,Water, dan komponen pemesinan. Dan sampai sekarang telah mengelola bidang usaha tersebut dan terus memajukan perluasan industri di bidang FEW+ dalam rangka memperkuat posisi perseroan lewat BUMN.

Baca Juga:

Slip Gaji PT Barata Indonesia

Berikut ini adalah contoh slip gaji PT Barata Indonesia yang hampir mirip dengan yang aslinya, didalamnya memuat informasi mengenai total gaji pokok, tunjangan, potongan, dan lain sebagainya.

Slip Gaji PT Barata Indonesia

Persyaratan menjadi karyawan PT Barata Indonesia

Setelah anda membaca daftar gaji dari setiap jabatan diatas apakah berminat untuk menjadi karyawan di perusahaan ini. Ada persiapan persyaratan apabila anda ingin mendaftarkan diri sebagai karyawan yaitu sebagai berikut:

  1. Pria /wanita
  2. Lulusan SMK/D3/D4/S1/S2
  3. Memiliki usia maksimal 35 tahun
  4. Memiliki komunikasi yang baik secara individual atau tim
  5. IPK minimal 2.75 untuk lulusan sarjana dan diploma,nilai rata-rata 7 untuk lulusan SMK
  6. Jurusan : Tenik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Pemesinan, Teknik Informatikan dan Manjemen Informatika, dll.
  7. Menyiapkan berkas-berkas mulai dari CV,daftar riwayat hidup,surat lamaran,pas foto,surat pendukung,ijazah atau surat keterangan kelulusan,transkip nilai, dan surat keterangan sehat (bawa saat wawancara).
  8. Bersedia ditempatkan diperusahaan terkait atau cabang bidang usaha.

Bidang Usaha dan Produk Yang Dihasilkan

Termasuk dalam perusahaan yang dikelola oleh BUMN dan kategori perseroan, sudah pastinya memiliki cabang dan anak perusahaan.Bidang usaha yang terkait yaitu FEW+ atau Food,Energy,Water, Kontruksi dan Manufaktur yang akan saya bahas satu persatu sebagai hasil produk dari PT Barata Indonesia

1. Industri Pangan ( FOOD)

PT Barata Indonesia telah dipercaya selama 1 abad dalam industry pengelola di pabrik gula Jawa Timur pada waktu itu. Sudah dikenal sebagai perusahaan tua yang memiliki kompetensi dalan pengelolaan pabrik Gula maupun perawatan produkasi gula. Pabrik sagu,pabrik Bioethanol dan pabrik kelapa sawit juga termasuk kedalam salah satu hasil produk dari Barata.

2. Industri Energi ( Energy)

Industri ennergi juga termasuk kedalam salah satu hasil produk bidang usaha dari Barata. Salah satunya yaitu pada industry pembangkitan tenaga listrik, dikarena telah memiliki pengalam dalam hal ketrampilan dan kekuatan untuk menjalankan dan merawat PLTG Belawan, PLTMH Walessi, PLTMH Kayu Aro dll.

3. Industri Air ( WATER )

Dalam bidang mesin perairan Barata juga sudah memiliki pondasi yang kuat berkat pengakuan dari perusahaan nasional. Beberapa dari hasil komponen bendungan yang dibuat oleh Barata Indonesia seperti Hollow Cone Valve, berhasil tembus dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai HCV paling berpengaruh di Indonesia.

4. Industri Kontruksi dan Manufaktur

Hasil produk yang nyata dari industry mesin dan komponenya yaitu seperti transportasi, peralatan berat pelabuhan (Crane), industri pembuatan semen, sampai steel construction.

Kesimpulan

PT Barata Indonesia yang sudah dikelola BUMN sejak lama, menandakan bahwa memiliki kontribusi yang besar terhadap Negara Indonesia berkat para karyawan sebagai SDM yang terampil dan unggul. Berdasarkan nilai gaji diatas, itu adalah bukti bahwa mereka menghargai kerja keras dari para karyawan yang telah manjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Tinggalkan komentar