Operator Produksi : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Ada lowongan Operator Produksi dan Anda ingin melamar di pekerjaan tersebut. Jika ingin lolos wawancara kerja , yuk baca panduan tentang Operator Produksi berikut ini.

Pada dasarnya, Jabatan operator produksi tugasnya cukup banyak dalam sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri. Perannya bisa dikatakan sangat krusial karena menentukan produktivitas. Hal tersebut dikarenakan posisinya menghandle semuanya saat produksi.

Definisi dan Pengertian Operator Produksi

Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, maka operator memiliki makna yaitu mengoperasikan. Jadi bisa disimpulkan bahwa definisi dari posisi ini adalah seorang yang mengelola produksi sebuah perusahaan. Perihal apa saja tugasnya, jawabannya beragam.

Operator produksi adalah karyawan yang secara umum tugasnya mengopersikan berbagai macam mesin untuk sebuah perusahaan. Perannya bisa dikatakan sangat vital karena berpengaruh terhadap produktivitas. Jika lumpuh, maka berdampak langsung ke perusahaan.

Divisi ini pada dasarnya memiliki bagian yang cukup banyak berdasarkan tugasnya. Mulai dari mengoperasikan mesin, maintenence, mengelola semua proses produksi hingga kontrol. Masing-masingnya mempunyai klasifikasi serta tanggung jawab berbeda-beda.

Tugas Operator Produksi Beserta Tanggung Jawabnya

Jika dibagi menjadi beberapa bagian, maka tugas yang diemban oleh posisi ini bisa dikatakan cukup beragam. Hal tersebut tentu membuatnya menjadi tidak mudah sehingga Anda harus benar-benar memahaminya. Berikut beberapa tugas serta tanggung jawab utamanya.

  • Mengoperasikan berbagai mesin produksi.
  • Briefing.
  • Mengelola adan mengontrol aktivitas produksi.
  • Maintenence mesin produksi.
  • Menjaga kualitas produksi.
  • Memelihara lingkungan produksi.
  • Membuat laporan kerja.

Gaji dan Tunjangan Operator Produksi

Rata-rata gaji pokok yang didapatkan untuk profesi satu ini yaitu berkisar Rp. 6.000.000 per bulan. Namun, nominal tersebut bukanlah angka pasti karena ada banyak faktor yang sangat memengaruhi. Jadi, informasi seputar gaji dan tunjangan harus Anda cari tahu terlebih dahulu.

Biasanya setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan akan menyertakan kisaran nominal gaji. Angka tersebut dapat Anda jadi patokan upah yang nantinya akan didapatkan. Namun bukan berarti tak akan berubah suatu waktu terlebih setelah negosiasi interview.

Pasalnya, ada banyak pertimbangan yang diberlakukan oleh pihak perusahaan dalam memberikan gaji. Mulai dari posisi, pengalaman kerja, hingga kapasitas kemampuan. Selain itu, umumnya beberapa pihak mengandalkan standar upah minimal daerah tersebut.

Pada beberapa perusahaan, Gaji Operator produksi biasanya bisa naik berkali-kali lipat karena banyaknnya lembur yang harus meraka lalui karena harus masuk kerja sebelum yang lainnya bekerja dan mereka pulang setelah mesin produksi mati.

Baca juga Tugas dan Tanggung jawab FrontLiner dalam sebuah perusahaan.

Syarat dan Kualifikasi Operator Produksi

Untuk bisa mengisi posisi tersebut tentu ada berbagai hal yang mesti Anda penuhi. Pasalnya setiap perusahaan sudah pasti memiliki klasifikasi khusus bagi para calon karyawannya. Berikut beberapa bocoran syarat dan kualifikasi operator produksi yang dibutuhkan.

Pendidikan dan Pengalaman

Umumnya, pendidikan terakhir yang dibutuhkan oleh posisi ini adalah lulusan SMA/SMK sederajat hingga S1. Tergantung pada kebijakan perusahaan serta jabatan yang diperlukan. Biasanya minimum pengalaman sekitar 1 tahun bekerja dalam bidang tersebut.

Skill dan Kemampuan

Skill dan kemampuan dalam posisi ini terutama memahami serta mampu mengopersikan mesin secara umum dan khusus. Hal tersebut dikarenakan tugas karyawan ini tidak jauh dari permesinan. Selain itu, Skill lainnya bersifat dasar untuk seorang pekerja.

Tips Lolos Wawancaa Sebagai Operator Produksi

Jika Anda cukup tertarik untuk mendaftar disebuah perusahaan dan menjadi bagian Production Operator, tentu mesti ketahui banyak hal. Salah satu diantaranya adalah memahami bagaimana nantinya ketika wawancara. Berikut beberapa tips interview-nya.

  • Mempersiapkan Diri
  • Kumpulkan Informasi Tentang Perusahaan
  • Kenali Tugas Dan Tanggung Jawab Operator Produksi
  • Jabarkan Pencapaian Secara Spesifik
  • Antisipasi Pertanyaan Tentang Gaji
  • Bersikap Profesional

Itulah tadi pembahasan Info Gaji mengenai beberapa tips lolos wawancara sebagai operator produksi. Setidaknya informasi tersebut dapat memberikan peluang Anda untuk diterima menjadi lebih besar. Oleh karena itu pahami dengan seksama serta benar-benar mempersiapkan diri.

Tinggalkan komentar