Staff Produksi Posisi Penting dalam Sebuah Perusahaan

Staff Operasional-merupakan kunci kesuksesan produk dalam memikat hati pelanggan. Sebab, merekalah yang mengontrol semua kualitas barang yang akan ditawarkan kepada konsumen secara langsung. Namun, pastinya membutuhkan skill yang sudah terasah dalam waktu lama.

Definisi/ Pengertian Staff Produksi

Staff Produksi adalah karyawan perusahaan yang bertugas membuat produk perusahaan. Posisi tersebut akan menjalankan proses produksi barang sesuai dengan arahan perusahaan. 

Dalam hal ini barang yang diproduksi harus sesuai dengan standar perusahaan, sehingga membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi untuk bisa menjaga kualitas dan kuantitas produk. Di sisi lain, latihan dan inovasi harus mereka ciptakan agar produk tidak tergerus perkembangan zaman.

Tugas Staff Produksi Beserta Tanggung Jawabnya

Staff Produksi memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap produk perusahaan. Adapun tugas dan tanggung jawabnya yaitu:

  • Bertugas dalam pelaksanaan proses produksi dan prosedur kualitas sesuai arahan perusahaan.
  • Mengoperasikan dan mengontrol mesin pada saat proses produksi.
  • Melaksanakan rencana produksi sesuai dengan arahan perusahaan.
  • Melaksanakan pengecekan terhadap bahan baku, proses produksi dan hasil produksi sesuai dengan target dari perusahaan.
  • Harus mengatasi masalah yang timbul ketika proses produksi sedang berlangsung.

Gaji dan Tunjangan Staff Produksi

Staff Produksi akan digaji rata-rata tiga jutaan sesuai dengan target yang harus dipenuhi kepada pihak perusahaan. Jumlah gaji akan disesuaikan dengan kebijakan perusahaan. Hal ini juga dipengaruhi oleh Upah minimal suatu wilayah dengan tarif hidup di wilayah tersebut.

Baca juga : Spesifikasi Detail Staff Kantor

Syarat dan Kualifikasi Staff Produksi

Staff Produksi harus mempunyai syarat dan kualifikasi yang tertentu agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Adapun syarat dan kualifikasi tersebut yaitu:

  • Mampu bekerja secara mandiri atau tim. Ia dituntut agar bisa bekerja profesional baik sendiri maupun dengan tim yang membutuhkan kerjasama yang baik dengan rekan kerja.
  • Mampu merencanakan produksi dengan baik sesuai arahan perusahaan.
  • Mampu bekerja dibawah tekanan perusahaan yaitu target kualitas dan kuantitas produksi.

1. Pendidikan dan Pengalaman yang Harus Dimiliki 

Staff Produksi harus memiliki pendidikan rata-rata minimal diploma II. Namun beberapa perusahaan mempunyai kebijakan tersendiri untuk pemilihan pegawai dengan memilih lulusan SMA dengan syarat sertifikat pelatihan kerja yang sesuai dengan perusahaan tersebut.

Berada pada posisi ini juga harus mempunyai pengalaman kerja dibidang sama dengan perusahaan tersebut. Pengalaman ini sangat penting untuk membantunya dalam melakukan pekerjaannya, misalnya pengalaman kursus menjahit pakaian untuk bisa bekerja di perusahaan tekstil. Bisa juga pengalaman di SMA kejuruan otomotif

2. Skill dan Kemampuan yang Harus Dimiliki 

Staff Produksi harus mempunyai skill dan kemampuan tertentu untuk menjalankan tugasnya. Tanpa skill dan kemampuan, Staf Produksi tidak bisa menjalankan tugasnya bahkan bisa sampai terjadi kecelakaan kerja. Adapun skill dan kemampuan yang harus dimiliki oleh Staf Produksi yaitu:

  • Mampu melakukan pekerjaan dengan menerapkan standar keselamatan, keamanan, dan kesehatan dalam bekerja. Dengan adanya standar ini, melakukan pekerjaan akan terasa aman.
  • Keahlian bekerja di bawah tekanan. Bekerja dalam tekanan sering membuat orang merasa stress sehingga mampu menghadapi tekanan akan sangat diperlukan untuk menekuni pekerjaan ini.
  • Keahlian dalam komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik akan membantu untuk melakukan koordinasi yang saat bekerja tim.
  • Mempunyai latar belakang kemampuan sesuai dengan bidang perusahaan. misalnya perusahaan roti maka Staff Produksi harus mempunyai pengetahuan tentang tata boga yang dibuktikan dengan sertifikat kerja.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Staff Produksi

Bagi kamu yang ingin lolos wawancara sebagai Staff Produksi maka simak baik-baik tips ini. Adapun tips lolos wawancara sebagai berikut:

  • Berpakaian sopan dan rapi.
  • Mempunyai pengalaman pada bidang usaha perusahaan.
  • Menggunakan tutur kata yang baik dan santun.
  • Menjawab pertanyaan dengan santai dan santun.
  • Usahakan sudah mengetahui bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

Pastikan Anda memiliki persiapan yang matang jikalau ingin mengejar posisi satu ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar