PPIC : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Istilah ppic pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu yang bekerja di industri manufaktur. Dalam proses produksi, keberadaan jabatan tersebut cukup penting karena perannya sangat besar. Sebenarnya apakah saja yang menjadi tugasnya?

Definisi/Pengertian PPIC

PPIC adalah singkatan dari Production Planning and Inventory Control. Maksudnya, aktivitas yang dilakukan dalam mempersiapkan proses manufaktur dan pengelolaan stok bahan baku, produksi, hingga menjadi barang jadi.

Dalam perusahaan manufaktur, posisi ini masuk dalam divisi yang berkewajiban dalam perencanaan dan pengendalian aktivitas produksi. Alhasil, seluruh rangkaian produksi dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan.

Demi terciptanya suatu barang, departemen ini harus bekerja sama dengan divisi lain, tak terkecuali bagian marketing. Pasalnya, dari divisi pemasaran ini yang mengetahui estimasi jumlah produk yang akan dilempar di pasaran, sesuai kebutuhan konsumen.

Tugas PPIC dan Tanggung Jawabnya

Tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh pihak produk planning, berhubungan erat dengan bahan baku dan ketersediaan kebutuhan produksi. Kamu harus mampu memilih bahan baku terbaik agar hasil barang yang dihasilkan juga maksimal.

Kamu juga harus memahami dengan baik berapa jumlah barang mentah untuk memenuhi jumlah proses produksi. Sehingga, pada saat masuk ke pabrik, barang mentah sesuai jumlah barang produksi yang ditargetkan. Selain itu, ada beberapa tanggung jawab lain yang harus dikerjakan, diantaranya:

  • Meninjau forecast dari pihak marketing
  • Memastikan kebutuhan produksi terpenuhi
  • Memastikan kualitas hasil produk
  • Melakukan penjadwalan produksi

Gaji dan Tunjangan PPIC

Pada dasarnya, seseorang ppic pasti akan menerima gaji yang besar di atas UMR, karena tanggung jawabnya tidak main-main. Selain itu, bagian ini seringkali hanya ada pada perusahaan besar, sehingga tidak heran jika gajinya menjanjikan.

Pendapatan yang bisa diterima oleh bagian produk planning dan inventory control ini di angka Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000. Namun, jika kamu bekerja di perusahaan yang besar, tidak menutup kemungkinan lebih dari angka tersebut.

Bagian ini juga akan mendapatkan tunjangan sesuai kebijakan perusahaan. Selain itu, apabila karir berjalan baik, maka kamu bisa memperoleh gaji lebih besar. Karir bagi seorang produk planning adalah menjadi supervisor ataupun manajer.

Syarat dan Kualifikasi PPIC

Apakah kamu ingin bekerja sebagai produk planning dan inventory control? Jika iya, maka harus memenuhi syarat dan kualifikasi tertentu. Mulai dari minimal pendidikan maupun skil dan kemampuan yang sudah ditetapkan perusahaan, diantaranya.

1. Pendidikan dan pengalaman

Setidaknya, kamu sudah harus menempuh pendidikan D3 jurusan manajemen, teknik industri maupun sistem informatika. Diharapkan, kandidat sudah memiliki pengalaman 2 tahun dibidang yang sama. Namun, apabila kamu masih fresh graduate tetap dipertimbangkan.

2. Skil dan Kemampuan

Sebenarnya, setinggi apapun tingkat pendidikan akan kalah dengan kemampuan yang kamu miliki. Apabila kamu punya kemampuan analisis yang baik, ketelitian dan kecermatan, maka silahkan mendaftar pada bagian produk planning dan inventory control.

Baca Juga Syarat dan kualifikasi HRD terbaru.

Tips Lolos Wawancara PPIC

Lolos wawancara di sebuah perusahaan yang diimpikan, menjadi kebahagian sendiri bagi seorang job hunter. Sehingga, ada baiknya jika sekuat tenaga mempersiapkan diri dengan baik. Termasuk dengan mempelajari beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Berapa lama di posisi serupa
  • Produk terbanyak yang pernah dikontrol
  • Sejauh mana pemahaman dengan bahan mentah
  • Apa yang dilakukan apabila terjadi salah pilih bahan mentah
  • Bagaimana standar barang yang baik

Mungkin bagi sebagian orang, menjadi ppic cukup menyenangkan dan menjadi pekerjaan impian. Pahami tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, agar benar-benar siap apabila diterima menjadi seorang produk planning dan inventory control.

Demikian pembahasan InfoGaji.id untuk posisi PPIC , sampai jumpa dalam artikel kami selanjutnya.

Tinggalkan komentar