Programmer : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Berkat kecanggihan teknologi yang berkembang sangat pesan tentu membuat berbagai aspek kehidupan menjadi lebih mudah. Namun hal tersebut juga tak lepas dari sosok yang ada di belakangnya yaitu programmer. Sebab, profesi itulah yang merancang aplikasi web/Mobile.

Definisi dan Pengertian Programmer

Programmer ialah seseorang yang memiliki Skill atau kemampuan dalam menulis dan merancang Syntax (Kode Program). Rancangan tersebut berbasis komputer yang menggunakan bahasa pemrograman. Mulai dari Java, Javascript, Php dan masih banyak lagi.

Semua aplikasi yang berbasis OS (Operating System) adalah hasil dari kerja mereka. Profesi ini bisa dikatakan dikhususkan kepada sosok yang memiliki kemampuan spesialis. Pasalnya, tidak semua orang mampu memahami bahasa pemrograman.

Secara definisi tentu Anda sudah memahami apa saja tugas dan tanggung jawab dari profesi ini. Selain itu, jika bicara mengenai gaji bisa dikatakan cukup tinggi. Kemudian, menjadi seorang programmer juga adalah salah satu profesi yang memiliki prospek bagus.

Tugas Programmer Beserta Tanggung Jawabnya

Secara umum, tugas dari seorang programmer adalah merancang dan juga mengembangkan sebuah aplikasi atau software. Tentu pekerjaan ini berbeda dengan Full Stack Developer, baik dari pekerjaan maupun tanggung jawabnya meskipun keduanya sama-sama harus paham bahasa pemrograman.

Namun, pada dasarnya ada banyak tanggung jawab lainnya yang harus diemban oleh profesi tersebut. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawabnya.

  • Mendefinisikan kebutuhan Project.
  • Merancang Flowchart.
  • Menulis kode program.
  • Mendebugging.
  • Menguji program.

Gaji dan Tunjangan Programmer

Pada saat ini, profesi ini menjadi sangat diminati oleh banyak orang. Hal tersebut bukan hanya dikarenakan peluang terbuka lebar tapi juga memiliki prospek cukup bagus. Selain bidangnya sangat dibutuhkan oleh berbagai bidang, gajinya pun menjanjikan.

Jika bicara mengenai gaji, maka akan terbagi menjadi dua bagian. Pertama adalah kategori pemula ataupun fresh graduate yang baru saja masuk ke dalam dunia tersebut. Kisaran nominal gajinya yaitu Rp. 4.000.000 – Rp. 8.000.000 namun tergantung beberapa hal lain.

Kategori kedua yaitu kategori senior yang sudah memiliki pengalaman cukup banyak. Kisaran gaji yaitu Rp. 8.000.0000 bahkan lebih. Namun kembali lagi kepada beberapa faktor yang memengaruhinya. Mulai dari perusahaan, jabatan hingga domisili kota atau daerah.

Syarat Dan Kualifikasi Programmer

Programmer merupakan salah satu profesi yang masuk dalam kategori spesialis. Hal tersebut membuat klasifikasi sosoknya sangat spesifik. Ada banyak hal yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ingin merekrut calon karyawan. Berikut beberapa syarat dan kualifikasi.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Perihal pendidikan, umumnya perusahaan membutuhkan sosok programmer lulusan D3 ataupun S1. Jurusan spesifiknya ialah teknologi informatika. Namun, hal tersebut bukan berarti tidak ada lowongan untuk lulusan SMA/SMK, semua bergantung pada perusahaan.

2. Skill dan Kemampuan

Skill yang dibutuhkan untuk profesi ini sudah pasti memahami bahasa pemrograman. Pasalnya hal tersebut merupakan modal utama untuk bisa menyelesaikan pekerjaan. Selain itu mampu bekerja sama dengan tim dan disiplin.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Programmer

Menjadi seorang programmer juga harus melalui tes wawancara. Tahap tersebut memang selalu terasa sulit terlebih jika Anda tidak mempersiapkan apapun. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memahami apa saja tipsnya. Berikut beberapa diantaranya.

  • Menjawab pertanyaan secara ringkas dan taktis.
  • Mendemonstrasikan proses Coding.
  • Menjawab pertanyaan Non-teknis.
  • Paham tugas utama dari profesi tersebut.
  • Menceritakan pengalaman secara ringkas.
  • Bersikap secara profesional.

Itulah tadi pembahasan mengenai salah satu profesi yang saat ini cukup diminati. Untuk mengambil posisi tersebut ada baiknya persiapkan diri terlebih dahulu. Mengingat bahwa daya saingnya sangat tinggi karena memiliki prospek yang menjanjikan.

Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Programmer.

Tinggalkan komentar