Project Manager : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Pekerja proyek, pasti sudah tidak asing lagi dengan bagian project manager. Seseorang yang ada pada posisi ini, jenjang karirnya cukup bagus. Pasalnya, kamu sudah memiliki beberapa anak buah yang harus dipimpin dengan baik.

Definisi/Pengertian Project Manager

Manager project adalah orang yang ditetapkan sebagai penanggung jawab yang kaitannya dengan pengelolaan proyek. Tugasnya cukup komplek karena harus bertanggung jawab terhadap perusahaan, tim dan proyek itu sendiri.

Sedangkan menurut Ervianto, jabatan tersebut merupakan individu yang bertanggung jawab terhadap kegiatan proyek. Mulai dari awal hingga akhir pada masa penyerahan. Mengingat cukup banyak SDM yang terlibat dalam sebuah proyek maka perlu pemimpin untuk mengkoordinasikannya.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa pengertian manajer project adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap semua tujuan dan sasaran proyek. Kamu harus memimpin, merencanakan dan mengkoordinasi segala hal yang berkaitan dengan jalannya proyek.

Tugas Project Manager Dan Tanggung Jawabnya

Sebenarnya, seorang manajer project memiliki banyak tugas dan tanggung jawab. Bahkan, bisa dibilang mencakup keseluruhan proyek dan tidak hanya mengerjakan hal-hal yang terkait dengan teknis saja.

Kamu juga harus bisa menjadi pemimpin yang baik agar semua orang yang terlibat dalam proyek tetap solid dalam mewujudkan sebuah banguan yang bagus. Kontrol budgeting juga jadi salah satu tugas yang tidak bisa dielakkan. Masih ada tanggung jawab yang harus diemban, diantaranya.

  • Menyusun budgeting dalam sebuah proyek
  • Memastikan proyek selesai tepat waktu
  • Mengawasi anak buah agar bekerja dengan penuh tanggung jawab
  • Mengawasi proyek agar berjalan sebagaimana mestinya
  • Memahami seluruh resiko dan mengambil langkah terbaik untuk meminimalisasinya.

Gaji dan Tunjangan Project Manager

Tanggung jawab dan tugas yang harus dijalankan seorang project manager memang sangat besar. Sebuah proyek tidak bisa berjalan dengan lancar apabila tidak memiliki manajer project yang baik dan memahami tugas-tugasnya dengan benar.

Gaji yang diterima cukup sepadan dengan tugasnya yang cukup banyak. Setiap bulan, kamu bisa memperoleh sekitar Rp 11.870.000, apabila berprofesi sebagai manajer project. Besarnya gaji tersebut belum termasuk tunjangan dan bonus.

Nilai yang sudah disebutkan diatas hanyalah angka minimal, sebenarnya semakin besar project yang dijalankan, maka semakin tinggi pula gaji bonus yang akan diterima. Pastikan bahwa kamu bekerja dengan baik karena gaji yang diterima juga terbilang besar.

Syarat dan Kualifikasi Project Manager

Semua pekerjaan pasti memiliki syarat dan kualifikasi tertentu. Mulai dari tingkat pendidikan, pengalaman maupun sejauh apa kemampuan seorang kandidat. Jika kamu ingin memilih pekerjaan sebagai manajer project maka harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Pendidikan dan Pengalaman

Bekerja menjadi manajer project menuntut kamu memahami berbagai tools untuk mempermudah pekerjaan. Maka setidaknya kamu harus sudah pernah menempuh pendidikan minimal S1 teknik sipil / arsitek. Selain itu, jika pengalamanmu di bidang yang sama cukup lama, juga bisa mendaftarkan diri.

2. Skil dan Kemampuan

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa seorang manajer project harus memahami beberapa tools di komputer, misalnya autocad, blender atau software lainnya. Paham tentang rancang bangun sebuah gedung dengan baik. Kamu juga harus bisa bekerja multitasking.

Baca Juga : Kualifikasi dan Tanggung Jawab PPIC.

Tips Lolos Wawancara Project Manager

Project Manager adalah posisi strategis bagi seseorang yang membangun karir di bidang proyek pembangunan. Jabatan ini akan diperebutkan oleh banyak orang karena gajinya cukup besar. Demi lolos menjadi manajer project, kamu bisa mempersiapkan beberapa jawaban untuk pertanyaan berikut ini:

  • Project terbesar yang pernah dikerjakan
  • Jumlah anak buah yang pernah dipimpin
  • Dari angka 1-10, kemampuan autocad di nomor berapa
  • Cara mengatasi masalah apabila ada konflik antar anak buah dengan masalah cukup besar

Tidak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan di bidang pembangunan cukup banyak terjadi kecurangan. Akan tetapi, sebagai pemimpin, selaku Project Manager, kamu harus mampu mengendalikan anak buah agar kecurangan tidak terjadi dan proyek bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Demikian pembahasan InfoGaji.id untuk project manager untuk syarat dan kualifikasi tiap perusahaan memang berbeda, namun biasanya tidak jauh beda. Salam sukses.

Tinggalkan komentar