Pengertian Public Relation Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Jika bicara mengenai public relation mungkin terdengar sedikit asing. Namun beda jadinya apabila menggunakan istilah Humas atau hubungan masyarakat maka akan lebih familiar. Padahal keduanya sama saja hanya berbeda penggunaan istilah penyebutan saja.

Definisi/Pengertian Public Relation

pengertian public relation

Sejauh ini banyak orang yang yang mengartikan public Relation atau Hubungan masyarakat merupakan sebuah interaksi antara suatu organisasi. Pada dasarnya definisi tersebut tidaklah salah hanya saja masih kurang lengkap. Karena dibalik prosesnya terdapat berbagai tujuan.

Secara definisi, public Relation adalah sebuah interaksi yang dibangun dengan tujuan tertentu antara suatu hubungan. Tak hanya untuk organisasi tapi juga berlaku pada berbagai macam bidang. Targetnya ialah menyampaikan pesan yang sebelumnya sudah direncanakan.

Perihal tujuannya tentu sangat beragam tergantung pada apa yang ingin disampaikan. Namun secara umum yaitu menyampaikan sesuatu melalui interaksi dengan kepentingan tertentu. Baik mengenai bisnis untuk keperluan kerjasama, organisasi, hingga kebutuhan politik.

Tugas Public Relation Beserta Tanggung Jawabnya

Secara definisi mungkin public Relation hanya bertugas sebagai pembicara. Namun perlu Anda ketahui bahwa perannya tidak sekedar menyampaikan saja. Ada berbagai macam tujuan dibalik semua prosesnya dan harus tercapai. Berikut beberapa tugasnya.

  • Membuat perencanaan kampanye strategi.
  • Memproduksi presentasi.
  • Menjelaskan berbagai pertanyaan yang dilempar.
  • Menyampaikan pesan sesuai yang ditentukan.
  • Sebagai penghubung perusahaan dengan klien.

Gaji Dan Tunjangan Public Relation

Tugas seorang public Relation atau Humas (Hubungan Masyarakat) tidak sesederhana seperti yang dibayangkan. Hal tersebut tentu sebanding dengan gaji yang diterima. Terlebih untuk seseorang yang sudah memiliki pengalaman panjang dalam bidang tersebut.

Umumnya gaji yang diterima adalah berkisar Rp. 5.000.000. Namun nominal tersebut bukanlah nilai pasti karena upahnya sangatlah bervariatif. Besarannya bergantung pada beberapa hal salah satunya adalah sosok dibaliknya.

Tentu antara ini yang berpengalaman dengan fresh graduate akan mendapatkan besaran gaji berbeda. Selain itu, tempatnya bekerja juga cukup memiliki andil dalam menentukan nilainya. Tapi umumnya perusahaan menyesuaikannya berdasarkan UMR.

Syarat Dan Kualifikasi Public Relation

Untuk menjadi seorang public Relation tentu tidak bisa dilakukan oleh sembarang. Sebab, setiap perusahaan, organisasi maupun instansi memiliki kriteria atau spesifikasi tertentu dalam penerimaan. Berikut beberapa syarat dan juga kualifikasi untuk Humas.

1. Pendidikan Dan Pengalaman

Pada umumnya, pendidikan yang dibutuhkan untuk seorang public Relation ialah lulusan S1 ilmu komunikasi. Mengingat bahwa tugas dan tanggung jawabnya tak jauh dari bidang tersebut. Terlebih jika Anda memiliki pengalaman cukup dalam urusan 1 atau 2 tahun.

2. Skill Dan Kemampuan

Skill utama yang dibutuhkan dalam bidang ini sudah pasti mahir dalam berbicara dan berkomunikasi. Namun, hal itu bukanlah satu-satunya kemampuan yang wajib dimiliki. Mampu membangun kerja sama merupakan Skill dasar lainnya yang harus Anda siapkan sebelumnya.

Baca juga: admin produksi

Tips Lolos Wawancara Sebagai Public Relation

Menjadi profesi ini pada dasarnya mempunyai proses yang tak begitu berbeda dengan profesi lainnya. Anda akan dihadapi oleh berbagai macam pengujian termasuk tes wawancara. Untuk bisa melewatinya, berikut beberapa bocoran pertanyaan secara umum.

  • Ceritakan secara singkat mengenai diri Anda.
  • Alasan Anda mengambil jurusan tersebut?.
  • Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?.
  • Apa yang membuat Anda tertarik dengan perusahaan ini?.
  • Apa alasan Anda mengambil posisi ini?.
  • Tugas penting profesi ini?.
  • Berapa yang harus perusahaan bayar untuk Anda?.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa hal seputar public Relation. Pada dasarnya profesi tersebut hingga saat ini memiliki prospek yang sangat bagus. Anda bisa juga mempunyai karir yang cemerlang. Mengingat bahwa ada banyak bidang yang membutuhkan ahlinya.

Tinggalkan komentar