Quality Assurance : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Pada proses pengembangan sebuah aplikasi ataupun software, sebelum dirilis maka akan diuji terlebih dahulu oleh Quality Assurance. Begitulah kira-kira peranan seorang yang bekerja sebagai QA. Profesi ini mungkin tak se-familiar lainnya, namun kini sangat diminati.

Definisi dan Pengertian Quality Assurance

Secara tanggung jawab, maka Quality Assurance atau bisa disebut sebagai QA memiliki definisi sebagai pekerjaan yang bertugas untuk memeriksa dan mempersiapkan. Dalam hal ini yang disiapkan adalah berbagai macam kebutuhan proyek, secara umum yaitu pembuatan aplikasi atau software.

Beberapa diantara prosesnya adalah melakukan pengecekan dan pengujian terhadap sebuah aplikasi ataupun software sebelum perilisan. Adapun bagian yang dicek ialah mengenai fungsional, ketersedian fitur dan sebagainya. Tujuannya agar tidak adanya kekurangan.

Jadi bisa disimpulkan jika profesi QA adalah melakukan pengecekan sebelum tahap deployment yang bertujuan memastikan kesiapan aplikasi maupun software. Selain itu juga melakukan pemeriksaan guna mencegah terjadi Bug sampai meminimalisir risiko lainnya.

Tugas Quality Assurance Beserta Tanggung Jawabnya

Salah satu hal yang harus Anda ketahui untuk mengisi posisi tersebut sudah pasti mengenai tugas beserta tanggung jawabnya. Pasalnya, menjadi Quality Assurance bukan hanya sekedar melakukan pengujian saja melainkan lebih dari itu. Berikut beberapa di antaranya:

  • Mengimplementasikan standar produk.
  • Membuat kebutuhan dokumen.
  • Melakukan sebuah proses audit.
  • Menguji produk.
  • Meminimalisir risiko kerusakan produk.
  • Memastikan kualitas produk.

Gaji Dan Tunjangan Quality Assurance 

Besaran gaji untuk yang mengisi posisi Quality Assurance Dapat dikatakan cukup tinggi. Hal tersebut disebabkan perannya yang sangat vital bagi suatu perusahaan ataupun sejenisnya. Tapi, perihal berapa nominal upahnya hingga saat ini tidak ada nilai rata-rata (standarnya).

Secara umum nominal yang diterima pada profesi ini berkisar Rp. 6.800.000 sampai puluhan juta. Hal ini tergantung pada seberapa besar skala dan tanggung jawab yang dipegang. Selain itu, faktor lainnya ialah pengalaman dan kinerja juga memengaruhi gaji yang didapatkan.

Namun umumnya untuk pemula gajinya sudah bisa mencapai Rp. 3.000.000 Per bulannya. Tak menutup kemungkinan ada kenaikan jika memiliki kinerja yang bagus. Jadi, kesimpulannya ialah gaji serta tunjangan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

Syarat Dan Kualifikasi Quality Assurance

Kualitas Aplikasi ataupun software yang nantinya akan diluncurkan tentu sangat bergantung pada pihak Quality Assurance. Oleh karena itu sosok yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut tidaklah sembarang. Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Secara umum pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi ini adalah lulusan D3 hingga S1. Terlebih mengutamakan yang memiliki latar belakang pendidikan IT. Selain itu, dibekali dengan pengalaman bekerja dalam bidang tersebut tentu menjadi nilai lebih.

2. Skill dan Kemampuan

Kemampuan akan analisa serta pengujian fungsional sangat dibutuhkan dalam posisi ini. Selain itu, mampu berkomunikasi serta memahami dan bisa membaca data dengan baik. Terlebih memiliki Skill pada manajemen proyek secara optimal.

Baca juga : Gaji, Tugas, Hingga Kualifikasi Menjadi Marketing Communication yang Perlu Anda Ketahui

Tips Lolos Wawancara Sebagai Quality Assurance

Tes wawancara sebagai Quality Assurance secara umumnya hampir sama saja seperti profesi lainnya. Namun yang pasti adalah Anda harus tetap mempersiapkan diri terutama dengan kemungkinan pertanyaan saat interview. Berikut beberapa contohnya:

  • Apa tanggung jawab dan peran seorang QA?.
  • Apa alasan Anda menyukai bidang ini?.
  • Apa saja yang sudah Anda kerjakan sebelumnya?.
  • Alat penguji yang sering digunakan?.
  • Strategi seperti apa yang diterapkan?.

Itulah tadi pembahasan mengenai salah satu profesi masa kini yaitu Quality Assurance. Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Quality Assurance .

Jika Anda berencana untuk mengisi posisi tersebut, tentu pahami dan kenali terlebih dahulu bidangnya. Sebab, pesaing diluar sana bisa dikatakan cukup banyak.

Tinggalkan komentar