Quality Control : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Sosok Quality Control pada era industri 5.0 seperti sekarang ini tentu sangat dibutuhkan. Hal tersebut dikarenakan perannya begitu vital terutama dalam pengujian berbagai macam produk. Ditambah dukungan teknologi yang makin berkembang, maka prosesnya semakin krusial.

Definisi dan Pengertian Quality Control

Secara definisi, Quality Control merupakan sebuah proses pengujian dan pengecekan yang dilakukan guna memastikan kualitas suatu produk. Pasalnya, setiap produk memiliki standardisasi atau tingkat kelayakan. Jadi tahap ini berlangsung sebelum dipasarkan.

Peran Quality Control tentu sangatlah penting terutama dalam area bisnis. Pasalnya, tahap tersebut menjadi bagian yang memengaruhi arah guna mendukung perusahaan mencapai tujuan. Sebab, perihal mutu produk yang akan dipasarkan bergantung pada QC.

Profesi ini pada dasarnya hampir memiliki kesamaan dengan Quality Assurance. Hanya saja pembedanya terletak dititik tugas secara spesifik. Pasalnya, QA melakukan pengecekan terhadap seluruh kebutuhan akan sistem serta fitur agar mampu berjalan sesuai keinginan.

Tugas Quality Control Beserta Tanggung Jawabnya

Jika dibagi berdasarkan beberapa bagian, maka tugas yang dipegang oleh QC bisa dikatakan sangat beragam. Hal itu tentu membuatnya sosoknya perlu lebih teliti sehingga harus benar-benar mengetahuinya. Berikut beberapa tugas serta tanggung jawab utamanya.

  • Menentukan standar suatu produk.
  • Memonitoring kualitas produk.
  • Verifikasi kualitas produk.
  • Menyeleraskan antara produk dengan visi dan misi.
  • memperbaiki layanan.

Gaji dan Tunjangan Quality Control

Besaran gaji pokok yang diberikan untuk QC ini adalah berkisar Rp. 4.000.000 per bulan. Tapi, nilai tersebut bukanlah nominal pasti karena terdapat berbagai macam faktor yang cukup memengaruhi. Jadi, informasi mengenai gaji Serta tunjangan Anda cari tahu terlebih dahulu.

Umumnya setiap perusahaan yang mencari calon pekerja akan menginformasikan kisaran nilai gaji. Nominal tersebut dapat dijadikan standar upah yang nantinya akan Diberikan. Tapi hal uni bukan berarti tidak bisa berubah suatu saat apalagi adanya negosiasi wawancara.

Pasalnya, ada berbagai pertimbangan yang dibuat oleh pihak perusahaan saat menentukan gaji. Mulai dari kedudukan, pengalaman kerja, serta kapasitas akan kemampuan. Selain itu, Biasanya beberapa pihak cukup mengandalkan UMR pada daerah tersebut.

Syarat dan Kualifikasi Quality Control 

Supaya dapat mengisi posisi QC tentu terdapat berbagai hal yang mesti dipenuhi. Pasalnya setiap perusahaan memiliki klasifikasi khusus untuk para calon pegawainya. Berikut beberapa bocoran syarat dan kualifikasi Quality Control yang dibutuhkan.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Umumnya, pendidikan yang dibutuhkan untuk posisi ini ialah lulusan SMA/SMK sederajat hingga S1. Tergantung pada kebutuhan perusahaan serta ketentuan yang dibuat. Biasanya mencari yang sudah memiliki pengalaman sekitar 1 tahun bekerja dalam sebagai QC.

2. Skill dan Kemampuan

Skill dan kemampuan dalam posisi ini terutama memahami serta mampu menguasai perangkat lunak secara umum. Hal tersebut dikarenakan tugasnya tidak jauh dari pengujian berdasarkan komputerisasi. Selain itu, Skill lainnya sama seperti pegawai pada umumnya.

Baca juga : Gaji, Tugas, Hingga Kualifikasi Menjadi Marketing Communication yang Perlu Anda Ketahui

Tips Lolos Wawancara Sebagai Quality Control

Jika Anda tertarik untuk masuk disebuah perusahaan dan mengambil posisi sebagai QC, tentu mesti memahami banyak hal. Salah satu diantaranya ialah mengetahui bagaimana menghadapi tes wawancara. Berikut beberapa tips interview-nya.

  • Mempersiapkan Diri Sebaik mungkin.
  • Mencari Informasi mengenai Perusahaan
  • Memahami Tugas serta Tanggung Jawab QC.
  • Jelaskan Pencapaian Secara Jelas.
  • Antisipasi Pertanyaan seputar Gaj.
  • Bersikap disiplin dan Profesional.

Itulah tadi pembahasan mengenai salah satu profesi yang cukup terbuka kesempatannya yaitu Quality Control. Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Quality Control .

Tinggalkan komentar