Resepsionis : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Salah satu hal yang sangat dipertimbangkan seseorang ketika melamar pekerjaan adalah mengenai gaji serta tunjangan. Hal tersebut juga berlaku pada Anda yang ingin menjadi resepsionis disebuah perusahaan. Informasi ini tentu cukup penting untuk dicari tahu.

Definisi dan Pengertian Resepsionis

Secara umum resepsionis merupakan seorang karyawan yang bertugas untuk melayani, menyapa hingga memberikan informasi kepada tamu. Selain itu, peran penting lainnya adalah sebagi penyambung lidah. Meja sirnya adalah penghubung antara perusahaan dan klien.

Jika seroang sales ini sibuk di lapangan, maka untuk pekerjaan Resepsionis ini biasanya berada pada area sibuk disebuah perkantoran, baik itu lobby atau sejenisnya. Posisi ini dianggap begitu penting karena diklaim sebagai wajah dari perusahaan. Sebab, jika terjadi kesalahan personal maka pihak perusahaan akan langsung diklaim buruk.

Oleh karena itu, dalam proses recruitment ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan diperhitungkan. Salah satu diantaranya adalah penampilan serta sikap. Hal tersebut menjadi sangat penting karena tugas utamanya ialah bertemu banyak tamu perusahaan.

Tugas Resepsionis Beserta Tanggung Jawabnya

Jika bicara mengenai tugas resepsionis secara umum mungkin Anda berfikir hanya sekedar menerima dan mengarahkan tamu saja. Pada nyatanya, peran dari posisi ini cukup vital bagi sebuah perusahaan. Berikut beberapa tugas beserta tanggung jawab utamanya.

  • Menerima serta menghubungkan telepon.
  • Menghubungi pihak yang bersangkutan.
  • Menyampaikan pesan ke pihak terkait.
  • Memberikan informasi kepada tamu.
  • Menerima kedatangan tamu ataupun pengunjung.
  • Membuat laporan kegiatan.

Gaji Dan Tunjangan Resepsionis

Secara umum profesi yang satu ini biasanya diberikan gaji dengan nominal Rp. 36.000.000 per tahun. Namun untuk seseorang yang barus saja memulainya mungkin berkisar Rp. 30.000.000 per tahunnya. Tentu berbeda bagi karyawan status tetap dan cukup berpengalaman.

Namun nominal tersebut bukanlah angka pasti karena ada banyak faktor yang cukup memengaruhi. Beberapa diantaranya adalah tempat Anda bekerja hingga upah minimum yang berlaku. Begitu juga dengan tunjangan maka jawabanya tidak begitu signifikan jumlahnya.

Selain itu, jabatannya pun cukup beragam pada beberapa perusahaan. Anda berkesempatan untuk mengisi posisi Front Office Agent, Front Desk Attendant, Associate dan sebagainya.

Syarat dan Kualifikasi Resepsionis

Menjadi seorang resepsionis tentu membutuhkan Skill serta kemampuan khusus layaknya profesi sales marketing. Hal tersebut mutlak berlaku pada semua perusahaan yang mencari calon karyawan. Oleh karena itu, jika Anda berniat untuk mengisi posisi, maka ketahui apa saja keahlian yang dibutuhkan.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut pada umumnya mulai dari lulusan SMA/SMK sederajat. Dalam hal ini yaitu masuk ke proses penyeleksian berkas. Selain itu, minimal memiliki pengalaman selam 1 tahun untuk menjadi nilai tambah nantinya.

2. Skill dan Kemampuan

Kemampuan selanjutnya yang perlu Anda bekali sebelum masuk ke dalam profesi tersebut adalah mampu mengoperasikan komputer. Skill komunikasi yang baik sangat penting untuk seorang resepsionis. Mengingat tugasnya menghadapi berbagai macam orang.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Resepsionis

Menjadi resepsionis mungkin terdengar mudah saja. Namun hal tersebut akan berbeda Anda rasakan ketika menghadapi tes wawancara secara langsung. Akan ada banyak pertanyaan yang dilontarkan dan jawaban sangat memengaruhi keputusan. Berikut beberapa tipsnya.

  • Berikan alasan kenapa memilih profesi tersebut.
  • Cari tahu mengenai perusahaan.
  • Kenali tugas penting di perusahaan tersebut.
  • Bersikap tenang dan profesional.
  • Berpenampilan se-menarik mungkin.

Itulah tadi pembahasan mengenai gaji dan tunjangan resepsionis beserta kemampuan yang dibutuhkan. Diharapkan Informasi dari Info Gaji tersebut bisa berguna bagi Anda yang berencana melamar kerja dan mengisi posisi satu ini. Setidaknya kesempatan untuk diterima semakin terbuka.

Tinggalkan komentar