Sales : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Sales adalah ujung tombak dalam sebuah perusahaan. Baik perusahaan barang dan jasa, bahkan produk ritel dengan tipe FMCG. Keberadaan profesi yang penting ini selalu diisi oleh personil yang terbaik untuk memajukan pendapatan perusahaan.

Jika bicara mengenai suatu divisi dalam sebuah perusahaan, maka tidak akan asing lagi dengan istilah profesi Sales. Bagian tersebut pada umumnya mengurus berbagai macam jenis penjualan. Tapi ternyata ada banyak jenis kainnya berdasarkan tugas serta fungsinya.

Definisi dan Pengertian Sales

Jika diartikan Sales adalah proses penjualan atau pemasaran. Namun secara definisi sebagai profesi maka pengertiannya ialah seseorang yang melakukan kegiatan jual dan memasaekan sebuah produk. Istilah ini tentu sidah tidak asing lagi terutama pada sektor industrial.

Lebih jelasnya lagi, Seorang marketer adalah sebuah individu yang bertiga untuk menawarkan suatu produk ke konsumen. Proses penjualan tersebut telah ditetapkan target sesuai ketentuan dari setiap perusahaan. Baik perihal penjualan hingga menawarkan dan mempromosikan.

Seorang tim marketing pada umumnya akan menghadapi konsumennya secara langsung atau istilah lainnya adalah One-On-One. Berbanding terbalik dengan Operator produksi yang setiap hari One-On-One dengan mesin dan suhu kerja yang keras. Itulah mengapa ilmu komunikasi sangat diandalkan dalam pekerjaan satu ini. Selain itu prosesnya dapat berlangsung melalui telepon.

Tugas Sales Beserta Tanggung Jawabnya

Pada dasarnya, sales memiliki tugas yang cukup beragam. Namun secara umum tanggung jawabnya adalah mengelola semua kegiatan penjualan ataupun penawaran sebuah produk. Tapi berdasarkan jabatannya, maka tanggung jawabnya akan dipecah lagi jadi beberapa.

  • Menawarkan produk ke konsumen.
  • Menjual produk ke konsumen.
  • Meyakinkan calon konsumen.
  • Memberikan arahan terhadap sasaran.
  • Memenuhi kebutuhan para konsumen.

Gaji dan Tunjangan Sales

Gaji sales sangatlah bervariatif. Mungkin Anda tidak bisa membuat Standard-nya hanya berdasarkan posisi saja. Pasalnya, ada banyak faktor yang cukup memengaruhi nominalnya. Selainnitu, nilainya sangat bergantung terhadap jenis perusahaan yang menaungi.

Namun, jika Standard atau rata-rata gaji seorang tim penjualan dimulai dari angka Rp. 3.000.000 per bulan. Tapi bisa saja berbeda apabila Anda bekerja disebuah kota yang memiliki upah minimum rendah. UMR dalam hal ini cukup mempunyai peran guna menentukan gaji karyawan dengan posisi ini.

Selain itu, perusahaan tempat bekerja juga sangat berpengaruh terhadap nominal gaji serta tunjangan. Mulai dari sektor bisnis hingga seberapa besar skala dan statusnya. Kemudian, jabatan ini pun dibagi menjadi beberapa bagian, secara upah tentu cukup berbeda nilainya.

Syarat dan Kualifikasi Sales

Untuk menjadi seorang sales tentu ada klasifikasi khusus yang ditentukan oleh pihak perusahaan. Hal tersbeut bergantung pada pergerakan sektor bisnis. Namun, secara umum Skill dan kemampuan seorang marketer terbagi menjadi beberapa bagian dan penting untuk dikuasai.

Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan minimum untuk seorang sales biasanya yaitu lulusan SMA/SMK sederajat hingga S1. Hal tersebut bergantung pada jabatan yang akan diduduki. Perusahaan besar umum menambah klasifikasi khusus perihal pengalaman yaitu minimal 1 tahun.

Skill dan Kemampuan

Skill dasar yang harus dimiliki oleh seorang marketer adalah komunikasi. Pasalnya, tugasnya akan bertemu banyak orang dan menawari produk yang dijual. Melalui kemampuan tersebut akan memengaruhi konsumen secara tidak langsung. Perihal ilmu Selling dapat dilatih.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Sales

Saat menghadapi tes wawancara, maka pastikan bahwa Anda telah benar-benar siap dengan semua kemungkinan pertanyaan. Oleh karena itu, ada baiknya agar persiapkan diri terlebih dahulu dari jauh-jauh hari. Berikut beberapa tips lolos interview sebagai sales.

  • Persuasi yang cukup bersahabat.
  • Tunjukan kemampuan dan kekuatan.
  • Percaya diri.
  • Bersikap profesional.
  • Pahami strategi negosiasi.

Itulah tadi pembahasan Info Gaji mengenai definisi/pengertian sales beserta tugasnya. Jadi, jika Anda berencana untuk melamar kerja dan mengambil posisi tersebut, setidak sedikit informasi diatas akan membantu. Selain itu, jangan lupa pahami juga mengenai Skill yang dibutuhkan.

Tinggalkan komentar