Satpam : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Satpam merupakan salah satu profesi pasti sudah tidak asing ditelinga, sebab keberadaannya sering ditemui dimanapun Anda berada. Profesi ini memiliki tugas yang tergolong cukup berat yaitu menjaga keamanan sekitar.

Biasanya saat anda berkunjung ke sebuah penginapan, maka anda akan menemui Satpam ini di depan pintu masuk. Tujuannya adalah memberikan rasa aman kepada para resepsionis jika tiba-tiba ada masalah dengan para tamu. Untuk pembahasan lebih lengkap, simak ulasannya.

Definisi dan Pengertian Satpam

Satpam merupakan sebuah singkatan dari satuan pengamanan. Secara definisi ialah sebuah kelompok atau satuan petugas hasil dari bentukan suatu perusahaan ataupun instansi. Tujuannya adalah guna menjaga dan menjamin keamanan dalam lingkungan tersebut.

Profesi ini pada dasarnya merupakan sebuah satuan yang dibentuk oleh suatu instansi ataupun perusahaan guna menjaga keamanan. Namun satu hal yang perlu Anda pahami bahwa ada beberapa kriterianya. Sebab, ada petugas yang berangkat dari masyarakat biasa dan dilatih (training). Selain itu ada juga yang datang dari satuan khusus petugas keamanan.

Pasalnya saat ini ada banyak agen yang menyediakan layanan satuan petugas terlatih. Dengan begitu perusahaan ataupun instansi tidak perlu bingung mencarinya. Terlebih per tugas tersebut sudah mengantongi sertifikat resmi sebagai Security.

Tugas Satpam Beserta Tanggung Jawabnya

Mungkin Anda berfikir bahwa tugas seorang satpam hanyalah menjaga keamanan saja, padahal faktanya ada banyak peran yang diemban oleh profesi satu ini. Itulah mengapa proses rekrutmennya pun tidak sembarang. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawabnya.

  • Menyelenggarakan keamanan Dilingkungan kerja.
  • Menjaga aset yang ditentukan.
  • Melakukan tindakan terhadap preventif keamanan.
  • Kontrol lalu lintas.
  • Melengkapi sebuah laporan kejadian.
  • Melakukan pemantauan.
  • Memastikan kondisi tetap aman.
  • Menangani sebuah kejadian.
  • Dan masih banyak lagi.

Gaji dan Tunjangan Satpam

Jika bicara mengenai gaji satpam maka kembali lagi pada berbagai faktor yang menjadi kebijakannya. Meskipun mungkin ada ketentuan tertentu dalam penetapan gaji, namun bisa dipastikan adanya perbedaan. Hal tersebut dikarenakan terdapat faktor memengaruhinya.

Secara umum gaji setiap satuan pengamanan adalah Rp. 3.000.000 per-bulan. Namun nominal tersebut diambil dari rata-rata upah minimum yang didapatkan. Pasalnya, nilainya bergantung pada tempat masing-masing bekerja.

Salah satu faktor yang cukup memengaruhi adalah domisili tempat bekerja. Sebab, setiap kita ataupun daerah memiliki upah minimum yang berbeda-beda. Selain itu, seberapa besar perusahaan juga menjadi alasan besaran gaji yang di dapat.

Syarat Dan Kualifikasi Satpam Secara Umum

Untuk bisa menjadi seorang satuan pengamanan tentu tidaklah mudah. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan secara matang. Mulai dari dokumen persyaratan hingga kondisi fisik. Bahkan, profesi ini memiliki pelatihan khusus. Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Dalam proses penerimaan satuan pengamanan tentu perusahaan memiliki klasifikasi khusus. Perihal pendidikan yang dibutuhkan umumnya minimal SMA/SMK. Selain itu diperlukan sertifikat resmi kepelatihan Security dan memiliki pengalaman minimal 1 tahun.

Layaknya sales marketing, untuk profesi satpam ini pengalaman anda menjadi sebuah poin plus nantinya agar bisa diterima bekerja di sebuah perusahaan.

2. Skill dan Kemampuan

Untuk menjadi seorang petugas keamanan juga membutuhkan bekal atas Skill dasar. Pasalnya tugasnya cukup banyak yang akan diemban. Selain tentang Skill kepolisian terbatas, satpam juga wajib memiliki kemampuan dalam berkomunikasi. 

Tips Lolos Wawancara Sebagai Satpam

Dari tugas yang diembannya saja sudah cukup berat dan mungkin tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Oleh karena itu, proses rekrutmen satuan petugas berjalan sangat ketat tak terkecuali pada tahap wawancara. Berikut beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan.

  • Tentang memamaksimalkan waktu bekerja.
  • Tindakan yang diambil ketika terjadi sesuatu.
  • Bagaimana cara mengatasi kemarahan seseorang.
  • Cara menyelesaikan masalah.
  • Kemampuan dalam mengoperasikan komputer.
  • Pengalaman menjadi satpam.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa syarat dan kualifikasi satpam secara umum. Setidaknya apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu Anda yang berencana untuk mengambil alih profesi tersebut. Supaya lebih terbantu, tak ada salahnya mengikuti pelatihan khusus satuan pengamanan.

Tinggalkan komentar