Security : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Jika mendengar kata Security sudah pasti akan bicara mengenai keamanan. Pasalnya, hal tersebut merupakan salah satu tugas utama dari profesi satu ini. Meskipun pada nyatanya masih ada banyak tanggung jawab yang harus diemban oleh petugas keamanan.

Definisi dan Pengertian Security

Secara pemaknaan, Security memiliki arti yaitu sebuah keamanan. Namun, berdasarkan definisi yang dimaksud kali ini adalah petugas yang bertanggung jawab atas keamanan suatu tempat. Lebih sederhananya lagi di Indonesia akrab disebut satpam (satuan pengamanan).

Definisi satuan keamanan pada dasarnya terbagi lagi menjadi dua bagian. Pertama yaitu satuan yang berarti seseorang bertugas menjaga pos jaga sendirian. Kedua adalah kelompok dimana terdapat beberapa orang termasuk komanda regu atau disingkat sebagai Danru.

Sedangkat kata dari “Petugas” adalah seseorang yang telah dilatih secara khusus. Pelatihan tersebut berlangsung secara intens dan diberikan oleh pihak berwenang, baik lembaga ataupun kepolisian. Sehingga menghasilkan Security profesional dan terbaik.

Tugas Security dan Tanggung Jawabnya

Jika bicara mengenai tugasnya, maka daftarnya cukup banyak. Sebab, seorang petugas keamanan bukan hanya memastikan bahwa lingkungan kerjanya dalam kondisi aman. Ada banyak tanggung jawab lainnya yang harus dilaksanakan. Berikut beberapa diantaranya.

  • Melindungi dan mengayomi warga sekitar.
  • Menjaga keamanan lingkungan sekitar.
  • Memastikan semua berjalan dengan aman.
  • Menindak jika ada kejadian.
  • Membuat laporan kerja.
  • Memberikan keamanan terhadap lingkungan.
  • Dan masih banyak lagi.

Gaji dan Tunjangan Security

Gaji Security pada umumnya berkisar di angka Rp. 3.000.000. Namun nominal tersebut bukanlah nilai pasti mengingat ada berbagai hal yang mampu membedakannya. Terlebih profesi ini pun memiliki beberapa tingkatan atau jabatan dalam satuannya.

Selain itu, jika Anda menjadi petugas keamanan diperusahaan yang berdomisili Jakarta, tentu akan berbeda gajinya dengan Medan. Hal tersebut dikarenakan kebijakan pemerintah dalam menentukan gaji. Masing-masing memiliki upah minimum sesuai ketentuan berlaku.

Kemudian, faktor jabatan sudah pasti memengaruhi gaji yang akan Anda dapatkan hingga status pekerja. Skala perusahaan pun perlu dipertimbangkan karena akan menjadi pembeda. Oleh karena itu, ada baiknya agar dicari tahu terlebih dahulu sebelum mendaftar.

Syarat dan Kualifikasi Security

Profesi yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi banyak semua orang. Bahkan keberadaannya bisa ditemui disetiap tempat seperti perkantoran, instansi, penginapan hingga lainnya. Untuk diperkantoran/instansi ini biasanya anda akan menemukannya di bagian gerbang depan, sementara di sebuah penginapan anda juga akan menemukan security ini berada dekat resespsionis.

Alasannya cukup sederhana, karena security selalu siap siaga apabila ada tamu yang mungkin membuat kegaduhan ditempat tersebut. Nah untuk bisa bekerja sebagai security ini butuh kemampuan khusus yang harus anda miliki, berikut ulasannya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Salah satu hal yang cukup memberikan nilai lebih dari calon pelamar adalah terdaftar dalam satuan kepelatihan. Hal tersebut menjadi tolak ukur bagi perusahaan atau instansi. Selain itu, minimal pendidikan yaitu SMA/SMK Sederajat serta memiliki pengalaman sebagai satpam.

2. Skill dan Kemampuan

Sesuai dengan UUD yang berlaku bahwasanya seorang satuan pengamanan wajib memiliki kemampuan seperti polisi namun terbatas. Hal tersebut sudah diatur dan merupakan sebuah kebijakan. Itulah mengapa ada pelatihan khusus bagi orang yang ingin jadi satpam.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Security 

Sama seperti profesi lainnya, untuk menjadi seorang petugas keamanan Anda juga harus melewati tahap wawancara. Tentu hal tersebut terasa cukup berat apalagi tugasnya mengenai keamanan. Berikut beberapa pertanyaan agar bisa melewati tahap interview.

  • Menjelaskan tentang cara mengatasi masalah.
  • Menceritakan pengalaman sebelumnya.
  • Mengatasi situasi yang berbahaya.
  • Menenangkan kondisi jika terjadi sesuatu.
  • Apa yang dilakukan saat bekerja.

Itulah tadi pembahasan mengenai pendidikan serta pengalaman yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Security. Setidaknya apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Security.

Tinggalkan komentar