SEO Specialist : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Di era seperti sekarang ini terdapat banyak profesi yang terbilang sangat unik bahkan belum ada sebelumnya. Salah satu di antaranya adalah SEO Specialist (Search Engine Optimization). Bahkan istilah tersebut tidak umum dan cukup asing ditelinga orang awam.

Definisi dan Pengertian SEO Specialist

SEO merupakan sebuah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti suatu langkah optimasi mesin pencarian. Sedangkan Spesialist adalah seseorang yang memiliki kemampuan khusus dalam suatu bidang. Bisa dikatakan seorang yang dianggap ahli.

Jadi bisa disimpulkan bahwa SEO Specialist adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam mengoptimasi mesin pencarian. Tanggung jawab yang diemban oleh profesi ini ialah mengatur strategi terhadap konten. Tujuannya agar dapat mencapai ke taget yang ditujukan.

Sosok SEO Spesialist bertugas mencari atau melakukan riset terhadap kata kunci yang akan digunakan. Keyword tersebut memiliki peran guna menunjang trafic Website agar mampu mencapai peringkat tertinggi. Dengan begitu, Website dapat ditemukan secara mudah.

Tugas SEO Specialist Beserta Tanggung Jawabnya

Seorang SEO Specialist bukan hanya ditugaskan untuk mencari atau meriset kata kunci yang akan digunakan saja. Ada banyak hal yang perlu Anda pahami terutama jika ingin mengambil alih profesi tersebut. Berikut beberapa tugas beserta tanggung jawabnya.

  • Menganalisis dan meninjau Website klien.
  • Membuat laporan analisa secara terperinci.
  • Mengidentifikasi kata kunci terkuat.
  • Melaksanakan strategi SEO pada konten.
  • Memperbaiki dan melacak kinerja Website.
  • Memastikan Website bekerja secara optimal.
  • Menemukan keyword dengan efektif.

Gaji dan Tunjangan SEO Specialist

Salah satu alasan yang membuat sebagian orang tertarik untuk menjadi SEO Specialist adalah gaji dan tunjangannya cukup besar. Hal tersebut membuat prodesi ini banyak diminati. Bukan hanya itu saja tapi juga peluangnya terbuka lebar karena begitu dibutuhkan saat ini.

Khusus untuk SEO Specialist yang berstatus junior kisaran gaji pada umumnya di Indonesia adalah Rp. 3.800.000. Namun, nominal tersebut bukanlah nilai yang sidah pasti didapat. Pasalnya ada banyak hal yang cukup memengaruhi besaran gaji serta tunjangannya.

Selain itu, semakin banyak pengalaman dalam bidang tersebut maka makin besar gajinya. Hal tersebut menjadi salah satu pembeda besaran gaji yang diterima, baik bagi yang junior ataupun senior. Kemudian, nominalnya juga dipengaruhi oleh perusahaan tempat bekerja.

Syarat dan Kualifikasi SEO Specialist

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil alih profesi tersebut, tentu sebaiknya pahami terlebih dahulu perihal apa yang dibutuhkan. Salah satu diantaranya ialah perihal klasifikasi yang umumnya dicari oleh pihak perusahaan. Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pada umumnya pendidikan yang dibutuhkan adalah lulusan SMA/SMK hingga D3 dan S1. Namun secara mendasar bahwa bidang ini bisa didapatkan secara otodidak ataupun tak perlu belajar formal. Tapi memiliki latar belakang yang bagus tentu menjadi nilai lebih.

2. Skill dan Kemampuan

Skill yang dibutuhkan untuk seorang SEO Specialist ialah memahami apa itu Search Engine Optimization. Selain itu, harus memiliki pengetahuan seputar analisa dan melakukan riset. Kemudian mengetahui apa saja tools yang dibutuhkan untuk mendalami SEO.

Baca juga : Gaji, Tugas, Hingga Kualifikasi Menjadi IT Support yang Perlu Anda Ketahui

Tips Lolos Wawancara Sebagai SEO Specialist

Terlepas dari semua syarat dan kualifikasi yang dibutuhkan, tentunya Anda tidak akan bisa melewati tahap satu ini. Tes wawancara adalah proses akhir dari semua langkah yang telah dilakukan. Oleh karena itu perlunya mempersiapkan jawaban dari pertanyaan interview. 

  • Apa yang menjadikan Mesin pencarian ramah kepada situs?
  • Apa yang menjadi ukuran kesuksesan sebuah SEO?.
  • Alat yang biasa digunakan?.
  • Apa yang Anda ketahui seputar Google Search console?.
  • Jenis laporan yang biasa Anda buat?.

Itulah tadi pembahasan mengenai salah satu profesi yang cukup menarik yaitu SEO Specialist. Pastikan bahwa Anda bukan hanya tergiur oleh gaji dan tunjangan yang ditawarkan. Pasalnya, ada banyak hal yang perlu dipahami.

Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang SEO Specialist.

Tinggalkan komentar