Social Media Marketing : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Pada abad ke-21 saat ini merupakan salah era yang mengandalkan teknologi digital. Hal tersebut membuat semua aspek kehidupan dapat diintegrasikan dengan internet. Oleh karena itulah munculnya profesi sebagai social media Marketing guna memanfaatkan momentum.

Definisi dan Pengertian Social Media Marketing

Sederhananya, sosial media Marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran yang dilakukan secara digital. Hal tersebut berlangsung dengan memanfaatkan adanya berbagai macam pilihan media. Beberapa diantaranya yaitu situs web ataupun platform jejaring sosial.

Pemanfaatan tersebut dilakukan untuk bisa mempromosikan hingga melakukan penjualan terhadap suatu produk dan jasa. Mengingat bahwa hampir setiap orang menggunakan teknologi di kehidupannya. Sehingga, market yang terbentuk ada pada dunia digital.

Sosok yang menjalankan fungsi tersebut biasa disebut dengan sosial media marketer atau Spesialist. Tugasnya adalah melakukan riset atau analisa untuk mengetahui target pasar. Setelah itu menentukan sebuah strategi agar mampu mencapai tujuan yang diinginkan.

Tugas Social Media Marketing Beserta Tanggung Jawabnya

Sejauh ini masih ada banyak orang yang belum begitu mengetahui tentang profesi satu ini. Bahkan cukup terdengar asing untuk sebagian masyarakat. Namun faktanya minat untuk bidang ini sangat diminati pada saat ini. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawabnya.

  • Melakukan riset.
  • Memperbarui informasi dan mengikuti tren.
  • Membangun koneksi kepada pelanggan.
  • Menyusun strategi.
  • Mengelola semua aktivitas sosial media.

Gaji dan Tunjangan Social Media Marketing

Salah satu alasan yang membuat sebagian orang cukup tertarik dengan profesi ini dikarenakan memiliki prospek bagus. Hal tersebut dikarenakan peluang pekerjaannya terbuka lebar. Sebab, hampir setiap bidang membutuhkan sosok Spesialist guna mengemban tugas.

Selain itu, alasan lainnya adalah mengenai gaji dan tunjangan. Bisa dipastikan bahwa upah untuk seorang Social Media Marketing terbilang besar. Meskipun tidak ada ketentuan nominal, tapi dapat dipastikan sangat menjanjikan. Bahkan untuk marketer pemula sekalipun.

Alasan tidak ada nominal pastinya dikarenakan beberapa hal yang cukup memengaruhi. Sala seperti profesi lainnya dimana perusahaan sangat berpengaruh terhadap nilai gaji. Kebijakan pemerintah dalam menetapkan upah minimum pun menjadi bahan pertimbangan.

Syarat dan Kualifikasi Social Media Marketing

Jika Anda berencana untuk menjadi sosial media Marketing, pastikan sudah mengatahui klasifikasi yang dibutuhkan. Secara umum pihak perusahaan cukup kritis dalam menentukan sosok dari bidang ini. Berikut beberapa syarat dan kualifikasi sosial media marketer.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Secara umum, pihak perusahaan cukup memprioritaskan calon karyawan dengan latar belakang pendidikan yang bagus. Seperti lulusan D3 ataupun S1. Namun hal itu bukanlah standarnya karena tergantung kebijakan. Apalagi, jika Anda memiliki pengalaman lebih.

2. Skill dan Kemampuan

Salah satu Skill yang harus dimiliki sudah pasti ilmu Marketing. Pasalnya hal tersebut menjadi dasar untuk pekerjanya menyelesaikan tugas. Selain itu dituntut ikut dan menjadi bagian dari trend masa kini. Khususnya perkembangan teknologi hingga berbagai sosial media.

Baca juga : Gaji, Tugas, Hingga Kualifikasi Menjadi Programmer yang Perlu Anda Ketahui

Tips Lolos Wawancara Sebagai Sosial Media Marketing

Mempersiapkan diri sebelum menghadapi tes wawancara tentu menjadi bagian penting. Salah satu diantaranya adalah menyiapkan berbagai kemungkinan seperti pertanyaan yang akan diberikan. Berikut beberapa tips dalam menghadapi interview sebagai sosial media Marketing.

  • Berikan kesan pertama yang memukau.
  • Bersikap profesional dan jangan gugup.
  • Siapkan segala jawaban yang mungkin akan keluar.
  • Pahami semua unsur Marketing dan sosial media.
  • Pastikan aktif dalam sosial media.

Itulah tadi pembahasan mengenai salah satu profesi masa kini Social media Marketing. Dengan memahami segala unsur profesi tentu hal tersebut menjadi langkah penting. Pasalnya, persiapan diri sebelum masuk ke dalamnya agar semuanya berjalan lebih mudah.

Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Social media Marketing .

Tinggalkan komentar