SPG : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Istilah SPG mungkin bukan lagi sesuatu yang asing terutama dalam bidang pemasaran. Mengingat bahwa tugas utamanya memang tak lepas dari hal tersebut. Hanya saja dalam penerapannya sedikit berbeda meskipun tidak terlalu signifikan.

Definisi dan Pengertian SPG

SPG atau singkatan dari Sales Promotion Girl saat ini masih sangat diandalkan bagi suatu perusahaan. Tugasnya adalah memasarkan sebuah produk dan juga mempromosikan kepada konsumen. Namun terlepas dari itu tentunya membutuhkan Skill serta kemampuan khusus.

Sederhananya sales Promotion Girl adalah sekelompok wanita yang menawarkan atau mempromosikan produk dan jasa. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu strategi pemasaran. Tujuannya guna menarik minat calon konsumen sesuai dengan ketentuan target.

Sales Promotion Girl juga sebagai salah satu pendukung dalam proses pemasaran produk ataupun jasa. Selain itu, keberadaannya juga berfungsi untuk memberikan berbagai informasi kepada banyak orang. Tujuannya guna menarik minat dan memutuskan membeli sebuah produk yang sedang mereka tawarkan.

Tugas SPG beserta Tanggung Jawabnya

Sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk melamar sebagai SPG, tentu ada baiknya ketahui terlebih dahulu akan tugasnya. Tujuannya adalah supaya menjadi lebih paham sehingga kesempatan diterima lebih terbuka. Berikut beberapa diantaranya.

  • Menawarkan produk atau jasa.
  • Mempromosikan Produk atau jasa.
  • Memberikan Informasi Seputar Produk.
  • Menarik Perhatian Konsumen.
  • Membuat pendataan.
  • Mengelola barang. 
  • Mencari calon pelanggan.
  • Mencari potensi pelanggan.
  • Membuat laporan.

Gaji dan Tunjangan SPG

Pada dasarnya gaji serta tunjangan seorang sales Promotion Girl sangat bervariatif tergantung perusahaan yang mempekerjakan. Ada banyak kebijakan guna menentukan nominal gaji yang diberikan. Jadi, tidak ada angka pasti baik perihal upah ataupun bonus.

Biasanya seorang sales Promotion Girl bekerja selama 6 hingga 8 jam per harinya. Untuk nominal gaji umum dan sudah berpengalaman yaitu berkisar Rp. 500.000 dalam satu hari.

Namun kembali lagi bahwasanya gaji yang didapatkan tergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja. Selain itu, statusnya pun cukup memengaruhi seperti pengalaman hingga lama bekerja. Jadi, tentukan terlebih dahulu kontrak serta negosiasi ketika melamar pekerjaan.

Syarat Dan Kualifikasi SPG

Secara definisi SPG (Sales Promotion Girl) merupakan sekumpulan wanita dengan kriteria tertentu untuk promosi dan memasarkan produk. Tapi, sama seperti profesi lainnya untuk bisa menjadi seorang sales Promotion Girl butuh Skill tertentu. Berikut beberapa diantaranya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Sales Promotion Girl pada umumnya adalah SMA/SMK sederajat. Namun hal tersebut tergantung pada klasifikasi yang dibutuhkan pihak perusahaan. Memiliki pengalaman dalam dunia Selling tentu akan menjadi nilai tambah.

2. Skill dan Kemampuan

Memiliki Skill komunikasi yang mumpuni merupakan salah satu syarat untuk menjadi seorang sales Promotion Girl. Pasalnya, Anda akan bertugas menawarkan produk, secara otomatis komunikasi kunci utamanya. Selain itu, pada umumnya penampilan menjadi cukup penting.

Baca juga: Gaji, Tugas, Hingga Klasifikasi Satpam yang Wajib Anda Ketahui

Tips Lolos Wawancara Sebagai SPG 

Jika Anda berencana untuk melamar sebagai sales Promotion Girl disebuah perusahaan, tentu harus bisa melewati tahap wawancara dengan baik. Pasalnya, pada titik itulah keputusan sangat bergantung. Berikut beberapa tips dalam menghadap interview.

  • Berpenampilan rapi dan menarik.
  • Berkomunikasi secara aktif.
  • Perhatikan gestur tubuh.
  • Siapkan materi untuk menyakinkan konsumen.
  • Ceritakan pengalaman selama bekerja.
  • Bersikap tenang dan profesional.
  • Datang tepat waktu.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa Skill serta kemampuan untuk menjadi seorang SPG. Setidaknya apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang SPG.

Sales Promotion Girl memang masih cukup diandalkan dalam hal memasarkan dan mempromosikan produk. Jika Anda tertarik maka bekali diri dengan Skill-Skill di atas.

Tinggalkan komentar