Stage Manager : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Bagi orang awam, istilah stage manager mungkin jabatan ini masih cukup asing. Padahal, posisi tersebut sangat penting dalam sebuah pertunjukan. Kamu bisa menyaksikan tampilan performance apik dan tertata karena adanya manager stage.

Definisi/Pengertian Stage Manager

Stage artinya panggung, sedangkan manajer adalah orang yang mengkoordinasi sesuatu. Sehingga stage manager adalah orang yang mengkoordinasi panggung. Segala hal yang berada di atas panggung merupakan tanggung jawabnya.

Manajer panggung harus paham tentang bagaimana aspek teknik dari sebuah pertunjukan. Mulai dari tata lampu, desain panggung, tata kostum, tata suara, blocking pengisi acara, durasi pertunjukan dan hal lain terkait pertunjukan.

Manajer stage harus memastikan pertunjukan berjalan dengan lancar. Sehingga pada saat persiapan, manajer stage wajib mengkoordinasi seluruh SDM yang terlibat dalam acara. Kamu juga harus bekerjasama dengan pihak dokumentasi agar hasil rekaman video dan foto maksimal.

Tugas Stage Manager dan Tanggung Jawabnya

Manajer panggung memegang peran besar dalam sebuah pertunjukan. Tanggung jawabnya mulai dari persiapan, saat pertunjukan dilakukan dan setelahnya. Dari awal persiapan, manajer harus mempelajari konsep acara, bekerjasama dengan bagian desain panggung dan keseluruhan pengisi acara.

Disaat pertunjukkan, manajer panggung wajib memastikan durasi pertunjukan harus sesuai dengan pada saat rehearsal/gladi bersih. Segala hal terkait pertunjukkan di atas panggung harus dipahami oleh seorang manajer panggung. Selain itu, segudang pekerjaan harus dikerjakannya, diantaranya:

  • Memastikan talent siap melakukan pertunjukkan
  • Berkoordinasi dengan divisi lain agar pertunjukkan lancar
  • Bertanggung jawab terhadap semua yang terjadi di panggung
  • Memastikan seluruh komponen pada panggung sudah sempurna
  • Menyelesaikan permasalah yang sering terjadi saat detik-detik pertunjukan dimulai

Gaji dan Tunjangan Stage Manager

Dunia pertunjukkan mungkin masih cukup asing bagi sebagian orang karena hanya beberapa orang saja yang punya minat di bagian ini. Seringkali, pekerjaan ini di tawarkan dengan konsep paruh waktu atau freelance, termasuk seorang stage manager.

Kecuali, jika perusahaan tersebut sudah besar, maka seorang manajer panggung tidak lagi berstatus freelance. Gaji yang diterima manajer panggung sebenarnya tidak terlalu besar hanya di angka Rp 3.000.000, di luar tunjangan dan bonus.

Jika berstatus part time, gajinya Rp 250.000 – Rp 500.000 setiap project. Akan tetapi, gaji tersebut juga tidak selalu pasti karena tergantung dari perusahaannya. Meskipun pekerjaan di bidang event cukup melelahkan, karena mengurus banyak hal, namun bagi sebagian orang, aktivitas ini menggembirakan.

Baca Juga Gaji dan Tunjangan Project Manager Terbaru.

Syarat dan Kualifikasi Stage Manager

Sebenarnya, tidak ada kualifikasi yang spesifik untuk menjadi seorang manajer panggung. Pasalnya, pekerjaan ini memang berdasarkan minat khusus. Akan tetapi, untuk sebagian perusahaan tetap menentukan syarat tertentu, dengan kualifikasi sebagai berikut:

1. Pendidikan dan pengalaman

Bagi kamu yang lulusan D3/S1 Broadcasting, Seni pertunjukkan atau manajemen, bisa mendaftar pekerjaan menjadi manajer panggung. Terlebih jika kamu memiliki pengalaman yang cukup dalam menangani event atau acara tertentu, pasti lebih mudah diterima.

2. Skil dan Kemampuan

Seorang manajer panggung harus memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi karena akan lebih sering menjelaskan kepada talent atau divisi lainnya. Selain itu, kamu harus sabar dan mau mendengar orang lain. Kamu juga wajib teliti dan mampu berkoordinasi dengan baik agar pertunjukan berjalan lancar.

Tips Lolos Wawancara Stage Manager

Lolos dalam rangkaian tes seleksi pekerjaan selalu diimpikan semua orang. Selain memperoleh gaji, harapan bisa bekerja sesuai passion akan memotivasi seseorang bekerja secara maksimal. Jika manajer panggung jadi pekerjaan yang dirindukan, persiapkan jawaban untuk pertanyaan berikut ini:

  • Berapa lama jadi manajer panggung
  • Event yang pernah ditangani
  • Mau bekerja di hari libur
  • Cara menangani masalah saat menit terakhir pertunjukan
  • Cara membujuk talent apabila terjadi miss komunikasi sehingga tidak mau tampil

Berhasilnya sebuah pertunjukkan tak lepas dari peran seorang stage manager dan kerjasama banyak pihak. Maka dari itu, manajer panggung harus bisa mengkoordinasikan semua talent yang akan menjadi pengisi acara dengan tim lain agar pertunjukkan berjalan sesuai harapan.

Sampai jumpa dalam artikel InfoGaji Selanjutnya, salam sukses selalu.

Tinggalkan komentar