Supervisor Sales : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Hampir disetiap perusahaan sudah pasti memiliki struktur kepemimpinan. Salah satu diantaranya adalah supervisor sales. Posisi tersebut tentu tidak asing lagi terutama dalam bid bidang pemasaran. Bagi Anda yang ingin memahaminya lebih jelas, simak ulasan berikut.

Definisi dan Pengertian Supervisor Sales

Secara definisi, supervisior merupakan salah satu jabatan yang ada dalam sebuah struktur perusahaan di berbagai industri. Sosok dibaliknya ialah seseorang yang memiliki kendali atas memberikan perintah hingga mengatur timnya. Perihal jenisnya, terdapat berbagai macam.

Sedangkan sales adalah sebuah kegiatan penjualan atau penawaran suatu produk yang dilakukan sesuai ketentuan perusahaan. Namun dalam hal ini adalah sosoknya berada diposisi tersebut, jabatan sebagai sales pun memiliki peranan yang sangat penting.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Supervisor sales adalah seseorang yang memiliki kendali atas semua aktivitas penjualan atau sejenisnya. Dalam hal ini, mengawasi, mengontrol hingga memberikan arahan. Perannya hampir sama seperti Leader hanya ada perbedaan sedikit.

Selain itu, jangan pernah samakan profesi ini dengan bagian Quality Control, meskipun sama-sama memiliki tanggung jawab mengontrol produk tapi keduanya punya spesifik tugas masing-masing.

Tugas Supervisor Sales Beserta Tanggung Jawabnya

Tugas supervisor sales tentu lebih spesifik dibandingkan secara umumnya. Hal tersebut dikarenakan bidang yang dikerjakan tidak jauh dengan dunia pemasaran, penawaran hingga penjualan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tugas dan tanggung jawabnya.

  • Mendeskripsikan pekerjaan kepada tim.
  • Menumbuhkan semangat kerja.
  • Memberikan arahan.
  • Mengawasi dan mengevaluasi.
  • Membantu menyelesaikan masalah.

Gaji dan Tunjangan Supervisor Sales 

Pada umumnya gaji dan tunjangan pada profesi ini begitu bervariatif karena bergantung terhadap perusahaan yang mempekerjakan. Terdapat berbagai macam kebijakan untuk menentukan nilai gaji yang diberikan. Alhasil, tidak ada angka pasti sejauh ini.

Jika diambil nilai rata-rata gaji yang didapatkan oleh Supervisor sales akan berkisar Rp. 5.000.000 hingga belasan juta rupiah. Selain itu, status kepegawaian juga cukup memengaruhi. Sebab, bagi yang baru akan mendapat nilai gaji lebih rendah dari yang berpengalaman.

Tapi hal itu kembali lagi merujuk pada beberapa faktor gaji yang diberikan. Sebab tergantung perusahaan tempat bekerja. Kemudian, seberapa besar skala hingga tugas yang diemban pun menjadi pembeda. Jadi, sebelumnya cari tahu terlebih dahulu perihal nominalnya.

Syarat dan Kualifikasi Supervisor Sales

Menjadi seorang supervisor sales tentu tidaklah mudah. Mengingat tugas dan tanggung jawab yang diembannya cukup berat. Belum lagi perannya dalam sebuah perusahaan sangatlah vital. Berikut beberapa syarat dan kualifikasi yang dibutuhkan secara umum.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Umumnya pendidikan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang supervisor sales adalah lulusan S1 sederajat. Namun poin utamanya ialah pengalaman. Itulah mengapa ada banyak SPV yang berangkat dari posisi bawah dan kemudian dipromosikan.

2. Skill dan Kemampuan

Salah satu Skill penting untuk seorang supervisor sales adalah memiliki jiwa kepemimpinan. Hal tersebut dikarenakan ada banyak pekerjaa dan tim yang harus diberikan arahan. Oleh sebab itu perannya cukup vital dalam memberikan pengaruh positif.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Supervisor

Jika Anda merupakan salah satu orang yang cukup beruntung mendapatkan promosi jabatan, maka bersiaplah untuk menghadapi tes wawancara. Hal tersebut juga berlaku bagi calon supervisor sales. Berikut beberapa pertanyaan yang biasa ditanyakan saat interview.

  • Ceritakan tentang pengalaman dan diri Anda.
  • Apa yang Anda sukai dari proses penjualan?.
  • Seberapa berharganya uang bagi Anda?.
  • Sosok seperti apa yang dibutuhkan dalam bidang ini?.
  • Berapa gaji yang Anda minta?.

Itulah tadi pembahasan mengenai salah satu jabatan yang cukup menggiurkan yaitu supervisor sales. Posisi tersebut memang memiliki prospek dan jenjang karir sangat bagus. Namun untuk menjadi bagiannya tentu tak mudah, baik saat melamar atau dipromosikan.

Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang supervisor sales .

Tinggalkan komentar