Team Leader : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Untuk menjadi sosok Team Leader dalam sebuah proyek ataupun bidang tentu tidaklah mudah. Pasalnya, ada banyak tugas serta tanggung jawab yang harus diemban serta tergolong berat. Tapi hal tersebut bukan berarti tak mungkin jika Anda terus berusaha.

Definisi dan Pengertian Team Leader

Pengertian dari team Leader adalah sosok yang berperan sebagai pemimpin dalam sistem tertentu. Oleh karena itu, pada kebutuhan formal maka memerlukan seseorang yang memiliki kemampuan dan jiwa kepemimpinan. Pasalnya, akan ada banyak hal yang harus ditangani.

Jika bicara mengenai Leader maka dapat diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu pemimpin. Sedangkan Team tidak lain dan tak bukan adalah tim. Jadi dapat disimpulkan bahwa definisinya ialah seseorang yang memimpin sebuah tim untuk keperluan tertentu.

Perihal perannya tentu sangat bergantung pada bidang yang ditekuni. Hal tersebut juga membuat tugas dan tanggung jawab bisa saja berbeda-beda. Namun secara inti adalah untuk memimpin sebuah tim agar mampu bekerja sesuai arah yang ditentukan oleh pihak tertentu, bisa dikatakan profesi ini hampir sama dengan Supervisor meski ada sedikit perbedaan.

Tugas Team Leader Beserta Tanggung Jawabnya.

Sosok pemimpin dapam sebuah bidang tentu akan membawa banyak pengaruh terhadap tim. Oleh karena itu tugas serta tanggung jawab yang diembannya sangatlah kompleks dan berat, termasuk bagi Team Leader. Supaya lebih paham, berikut beberapa tugas dan kewajibannya.

  • Membuat dan menentukan jadwal kegiatan.
  • Memantau dan memonitor semua kegiatan para tim.
  • Bertanggung jawab atas pelaksaan sebuah Project.
  • Mengkoordinasi dan membina para tim.
  • Bertanggung jawab atas segala kebutuhan tim.
  • Mengontrol pekerjaan tim.
  • Dan masih banyak lagi.

Gaji dan Tunjangan Team Leader

Pada dasarnya profesi ini tak hanya menangani satu bidang saja. Pasalnya, perannya bisa dipastikan sangat dibutuhkan oleh berbagai macam perusahaan atau industri. Hal tersebut membuat tugas dan tanggung jawabnya menjadi beda-beda dan begitu juga dengan gajinya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa nominal gaji yang didapatkan oleh seorang team Leader sangat bervariatif. Pertama hal tersebut disebabkan oleh jenis perusahaan dimana tempat Anda bekerja. Selain itu, skala industrinya, baik besar ataupun kecil menjadi pengaruh nilainya.

Namun menurut salah satu Website yang berbicara mengenai gaji, umumnya profesi ini mendapatkan upah sekitar Rp. 4.500.000 per bulan. Tapi angka tersebut bukanlah perhitungan pasti. Apalagi, setiap pemerintah daerah memiliki kebijakan berbeda-beda perihal UMR.

Syarat Dan Kualifikasi Team Leader

Menjadi sosok team Leader tentu membutuhkan spesifikasi khusus untuk bisa mengisi posisi tersebut. Mengingat bahwa tugas dan tanggung jawabnya tidak bisa ditangani secara sembarang. Jika Anda berencana untuk ambil alih profesi ini, berikut beberapa syaratnya.

1. Pendidikan Dan Pengalaman

Latar belakang pendidikan yang dibutuhkan secara umum dalah S1. Namun jika bicara mengenai spesifikasi jurusannya, maka tergantung pada bidang yang dijalankan oleh perusahaan. Satu hal yang pasti adalah seseorang telah memiliki pengalaman cukup.

2. Skill Dan Kemampuan

Dari namanya saja sudah team Leader, jadi secara tak langsung Skill yang dibutuhkan adalah jiwa kepemimpinan. Selain itu kemampuan dasarnya adalah mampu berkomunikasi dengan baik. Mengingat bahwa tugasnya akan memberikan arahan kepada para tim.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Team Leader

Baik menjadi team Leader lewat jalur promosi ataupun lamaran kerja, tentu tahap yang satu ini tak bisa dihindari begitu saja. Tes wawancara merupakan bagian krusial bagi perusahaan guna menentukan pilihan. Berikut beberapa tips yang perlu Anda ketahui.

  • Pahami dengan baik perihal posisi pekerjaan.
  • Cari informasi perusahaan sebanyak mungkin.
  • Kenali sosok didepan Anda.
  • Jawablah pertanyaan dengan lugas dan jelas.
  • Tunjukan kualitas diri.

Itulah tadi pembahasan mengenai salah satu posisi yang begitu dibutuhkan dalam sebuah perusahaan yaitu Team Leader. Pada dasarnya jabatan tersebut sangat mengandalkan pengalaman, jadi persiapkanlah diri Anda dari sekarang.

Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang team Leader.

Tinggalkan komentar