Telemarketing : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Profesi sebagai Telemarketing sudah berjalan selama beberapa dekade dalam dunia pemasaran. Bidang tersebut juga cukup familiar untuk sebagian orang. Bahkan sampai saat ini beberapa perusahaan ataupun industri masih sangat mengandalkannya guna Marketing.

Definisi dan Pengertian Telemarketing

Secara definisi, Telemarketing adalah sebuah aktivitas berupa mempromosikan ataupun menjual suatu produk melalui telepon. Pada umumnya cara masih dianggap sangat efektif guna kebutuhan Marketing, karena tak kalah efisien jika dibandingkan dengan iklan biasanya.

Umumnya, beberapa perusahaan besar memasukkan profesi ini dalam strategi Marketing yang dibuatnya. Hal tersebut tentu bertujuan agar bisa mencapai target pasar yang sesuai. Baik dalam upaya menawarkan, mempromosikan, menjual hingga menggaet para konsumen.

Sedangkan sebutan untuk orang yang bekerja dibidang tersebut adalah Telemarketer. Tugasnya sudah tentu tak jauh dari apa yang telah didefinisikan sebelumnya. Profesi tersebut masih bertahan sampai pada hari ini meskipun mengalami perubahan dalam dunia Marketing.

Tugas Telemarketing Beserta Tanggung Jawabnya

Pada dasarnya, tugas seorang telemarketing bukan hanya sekedar menghubungi berbagai konsumen melalui telepon saja. Ada kewajiban yang harus dipenuhi sesuai ketentuan perusahaan. Jika Anda cukup tertarik, berikut beberapa tugas dan tanggung jawabnya.

  • Menghubungi konsumen atau pelanggan.
  • Follow up pelanggan.
  • Mendeskripsikan produk atau jasa via telepon.
  • Menerima pembelian via telepon.
  • Mengumpulkan informasi konsumen.
  • Menerima komplain para pelanggan.
  • Memberikan solusi kepada pelanggan.
  • Menawarkan dan mempromosikan produk.

Gaji Dan Tunjangan Telemarketing

Pada umumnya, gaji yang diterima oleh telemarketing berkisar Rp 2.000.000 – Rp. 4.000.000 per bulan. Namun satu hal yang perlu Anda ketahui bahwasanya nominal tersebut bukanlah nilai pasti. Sebab, ada berbagai macam hal yang cukup memengaruhi angkanya.

Ada kemungkinan gaji didapatkan bisa kurang ataupun lebih dari yang sudah disebutkan sebelumnya. Pasalnya, semua bergantung pada perusahaan tempat bekerja. Selain itu, domisi pun cukup menjadi pengaruh terhadap nominal yang diberikan kepada pekerjanya.

Beberapa diantaranya adalah mengenai domisili tempat bekerja. Sebab, setiap daerah memiliki kebijakan upah minimum yang bervariatif. Selain itu, jabatan ataupun posisi juga menjadi pembanding. Terakhir ialah status pegawai, seperti junior ataupun senior.

Syarat dan Kualifikasi Telemarketing

Jika Anda berfikir bahwa tugas yang diemban oleh telemarketing cukup sederhana, bukan berarti klasifikasinya juga sembarang. Setiap perusahaan memiliki ketentuan dan standar khusus dalam penerimaan pegawai. Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Jika bicara mengenai pendidikan, latar belakang yang umumnya dibutuhkan sebuah perusahaan dalam bidang ini yaitu SMA/SMK. Menjadi nilai lebih apabila Anda lulusan D3/S1. Apalagi kalau memiliki pengalaman cukup atau pernah menjadi telemarketer sebelumnya.

2. Skill dan Kemampuan

Skill dasar yang dibutuhkan umumnya adalah ilmu komunikasi. Mengingat bahwa tugasnya ialah berkomunikasi dengan banyak orang meskipun melalui telepon. Bahkan, gaya bicara hingga suara menjadi pertimbangan pihak perusahaan saat merekrut Karyawan baru.

Baca juga : Gaji, Tugas, Hingga Kualifikasi Menjadi SEO Specialist yang Perlu Anda Ketahui

Tips Lolos Wawancara Sebagai Telemarketing 

Sama seperti profesi lainnya dimana Anda pun harus menghadapi proses wawancara ketika ingin menjadi bagian sebuah perusahaan. Apalagi, tahap ini tidak pernah berjalan dengan mudah terlebih tanpa persiapan apapun. Berikut beberapa tips interview telemarketer.

  • Ketahui profil perusahaan secara mendalam.
  • Fokus dengan semua pertanyaan.
  • Bicaralah secara lugas.
  • Bersikap profesional.
  • Pahami tugas dari profesi tersebut.

Itulah tadi pembahasan mengenai Telemarketing salah satu profesi yang saat Ini masih sangat dibutuhkan. Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang TeleMarketing, sehingga bisa menyiapkan diri sebelum melamar.

Tinggalkan komentar