Pengertian Lengkap Teller, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Infogaji.id-Mengunjungi bank jadi rutinitas umum yang dilakukan masyarakat masa kini. Kamu bisa menabung, mengirim uang ataupun kegiatan lainnya. Di bank, kalian biasanya akan dilayani oleh teller atau costumer service sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Definisi/Pengertian Teller

Teller adalah Bahasa Inggris yang artinya kasir. Hanya saja, istilah ini lebih sering digunakan di dunia perbankan. Secara harfiah, profesi ini artinya adalah orang yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan aktivitas perbankan, diantaranya menerima uang tabungan, mencairkan cek dan lain-lain.

Biasanya, kasir di bank akan berada di belakang counter untuk melakukan tugas-tugasnya. Kamu akan berhadapan langsung dengan nasabah yang ingin melakukan transaksi sesuai kebutuhannya masing-masing.

Kasir yang bekerja di bank akan diseleksi dengan ketat oleh pihak hrd karena profesi ini berbeda dengan kasir pada umumnya. Ada syarat tertentu karena tanggung jawabnya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kasir di toko.

Simak Juga: Pengertian lengkap kasir dan tanggung jawabnya

Tugas Teller dan Tanggung Jawabnya

Meskipun arti dalam Bahasa Indonesianya kasir, namun salah satu profesi di bank ini tugas dan tanggung jawabnya sangat berbeda dengan kasir yang ada di toserba. Kamu harus melakukan banyak hal terkait dunia perbankan dengan tanggung jawab besar.

Kamu harus bertanggung jawab dalam melayani rekening tabungan, proses transfer dan penarikan dana oleh nasabah. Selain itu, kamu harus melakukan cashing dan juga penyetoran. Lebih dari itu, tanggung jawab kasir di bank adalah sebagai berikut:

  • Melayani pembayaran
  • Promosi produk keuangan, seperti pinjaman, hipotik dan lain sebagainya
  • Memberikan arahan asuransi dan bertanggung jawab dengan aliran dana tunai
  • Melakukan tugas secara langsung terhadap nasabah
  • Melakukan pemeriksaan kas dan menghitung transaksi yang terjadi setiap hari
  • Menerima uang tunai dan cek untuk deposit dan melakukan verifikasi jumlah

Gaji dan Tunjangan Teller

Gaji karyawan bank sudah pasti banyak. Mulai dari posisi terendah, juga akan menikmati gaji besar dengan tunjangan melimpah. Namun, sebenarnya, gaji teller di bank berbeda-beda tergantung perusahan tempat bekerja.

Bank swasta dengan nasabah banyak akan memberikan rata-rata gaji kasir di angka Rp 4.500.000, bagi kamu para fresh graduated. Sedangkan untuk karyawan dengan pengalaman, gajinya diatas Rp 7.000.000. Pasalnya, pengalaman menjadi salah satu pertimbangan untuk perolehan gaji.

Tidak hanya gaji pokoknya yang besar, tunjangannya pun terbilang sangat fantastis. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak fasilitas dan kemudahan. Misalnya tunjangan kesehatan, BPJS, kemudahan KPR dan lain sebagainya.

Syarat dan Kualifikasi Teller

Bekerja di bank, ada banyak syarat dan kualifikasi yang harus dipenuhi. Tidak hanya dari segi pendidikan, pengalaman dan skill nya saja, tetapi juga dilihat dari tampilan fisik. Rata-rata, hanya orang yang punya tampilan menarik yang akan dipertimbangkan bekerja di bank.

1. Pendidikan dan pengalaman

Di beberapa bank, masih memperbolehkan lulusan SMA untuk bergabung menjadi kasir. Akan tetapi dengan posisi pegawai kontrak. Sedangkan untuk karyawan tetap, syaratnya harus S1 semua jurusan asalkan lolos tes saat seleksi penerimaan pegawai.

2. Skil dan Kemampuan

Kemampuan yang wajib dimiliki seorang kasir bank adalah bisa berkomunikasi dengan baik dan lancar. Kamu juga harus ramah dan menyenangkan karena akan bertemu langsung dengan nasabah. Selain itu, kamu harus teliti karena harus menginput data jumlah transfer agar tidak salah kirim uang.

Tips Lolos Wawancara Teller

Banyak orang bermimpi bekerja di bank, apapun posisinya karena gajinya sangat besar. Persiapkan diri dengan baik apabila akan melakukan tes interview untuk posisi kasir di bank. Kamu juga perlu memahami pertanyaan berikut ini supaya bisa memberikan jawaban tepat.

  • Apa beda  tabungan dan deposito
  • Mengapa ingin bekerja sebagai kasir di bank
  • Cara membedakan uang asli dan palsu
  • Apa tugas kasir bank

Apakah kamu salah satu orang yang ingin jadi teller? Persiapkan diri dengan baik dan pastikan bahwa persyaratan dan kualifikasi sesuai dengan kebutuhan pihak bank. Pelajari juga tugas dan tanggung jawab profesi yang ingin dilamar.

Tinggalkan komentar