Warehouse : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Istilah warehouse mungkin sedikit asing untuk sebagian orang awam. Namun, bagi sebuah perusahaan terutama yang berperang dalam bidang industri profesi ini tentu sangat penting. Mengingat perannya tergolong vital khususnya mengontrol segala aktivitas gudang.

Definisi dan Pengertian Warehouse yang Perlu Diketahui

Menjadi staff warehouse mungkin bisa jadi salah satu opsi untuk Anda yang berencana melamar pekerjaan. Umumnya profesi ini dipastikan ada pada setiap perusahaan terutama yang bergerak dibidang industri. Supaya lebih paham lagi, simak ulasan lengkap berikut.

Pada dasarnya, warehouse merupakan sebuah tempat penyimpanan dengan kata lain adalah gudang. Oleh karena itu staff yang berada pada divisi tersebut bertanggung jawab atas semua aktivitas di dalamnya. Baik kondisi barang ataupun mengontrol keluar masuknya.

Bisa dikatakan pergudangan ini merupakan tempat penting bagi sebuah perusahaan. Pasalnya, semua barang ataupun produk tersimpan rapi di dalamnya. Oleh karena itu, butuh keamanan khusus serta pengelolaan sebaik mungkin.

Dalam menjalankan pekerjaannya biasanya profesi ini bakal dibantu oleh security dalam memberikan keamanan pada barang yang ada di dalam gudang tersebut.

Tugas Warehouse Staff Beserta Tanggung Jawab Yang Perlu Diketahui

Supaya semakin paham mengenai profesi ini, tentu Anda juga wajib mengetahui apa saja tugas yang diemban oleh para staffnya. Karena perannya bisa dikatakan cukup vital dan beragam. Berikut beberapa tugas serta tanggung jawab dari staff warehouse.

  • Mengecek dan Mengatur Barang
  • Menginput Data
  • Menjaga Keamanan Barang.
  • Melakukan koordinasi.
  • Menata dan merapikan barang.
  • Memastikan jalannya logistik.
  • Pemeliharaan.

Gaji dan Tunjangan Warehouse Staff

Satu hal yang mesti Anda pastikan ketika ingin melamar sebuah pekerjaan adalah perihal gaji serta tunjangan. Hal tersebut juga berlaku untuk posisi warehouse staff. Pasalnya tidak ada nominal pasti karena ada berbagai macam kebijakan yang cukup memengaruhi nilainya.

Namun pada umumnya gaji yang diterima profesi berkisar Rp. 3.800.000 per bulan. Tapi hal tersebut masih bisa saja berubah karena banyak faktor. Salah satu diantaranya adalah dipengaruhi oleh upah minimum kota (UMK) yang sifatnya berbeda-beda.

Pasalnya setiap kota memiliki kebijakan berbeda dalam menetapkan nilai upah minimumnya. Jadi bisa disimpulkan jumlah gaji yang Anda dapatkan bergantung pada dimana tempat bekerja. Selain itu skala perusahaan juga alasan lain perihal gaji.

Syarat dan Kualifikasi Warehouse Staff

Untuk menjadi staff warehouse proses rekrutmen tidak berlangsung secara sembarang. Pihak perusahaan yang membutuhkan sosok guna mengisi posisi tersebut tentu memiliki klasifikasi khusus dan wajib dipenuhi. Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Sama seperti pekerjaan pada umumnya, untuk mengisi posisi ini dibutuhkan pendidikan minimal SMA/SMK hingga S1. Hal tersebut sudah menjadi klasifikasi umum yang diterapkan oleh pihak perusahaan. Memiliki pengalaman lebih tentu akan memberikan nilai tambah.

2. Skill dan Kemampuan

Terlepas dari pengetahuan teknis, Skill dasar yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut adalah mampu bertanggung jawab. Pasalnya, tugas utamanya adalah menjaga hingga mengelola semua unsur pergudangan. Jadi, butuh disiplin ketat serta teliti dan detail.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Warehouse Staff

Tahap wawancara memang terasa berat bagi siapapun, termasuk orang yang sudah berpengalaman sekalipun. Ada kiat-kiat yang mesti Anda pahami sebelum menghadapi proses tersebut. Berikut beberapa tips agar lolos interview sebagai warehouse staff.

  • Berikan alasan tepat kepada perusahaan.
  • Jelaskan perihal pengalaman kerja sebelumnya.
  • Jangan menjelek-jelekan perusahaan tempat kerja sebelumnya.
  • Jelaskan tentang manajemen kerja Anda.
  • Berikan visi dan misi Anda.
  • Tunjukan kedisiplinan dan tanggung jawab.

Itulah tadi pembahasan mengenai Definisi dan pengertian dari warehouse beserta tugas dan tanggung jawabnya. Setidaknya apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Warehouse.

Jika Anda benar-benar ingin mengambil profesi tersebut ketahui juga skill yang dibutuhkan. Tujuannya adalah supaya bisa mempersiapkan diri sebelum melamar kerja.

Tinggalkan komentar